KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI DALAM MENANAMKAN AJARAN ISLAM PADA SISWA KELAS VIII (Studi Kasus di SMP Negeri I Sindang Kelingi)
DOI:
https://doi.org/10.32699/paramurobi.v1i1.180Kata Kunci:
Kompetensi, hakikat guru, macam-macam kompetensi, kompetensi pedagogik guru, pendidikan agama IslamAbstrak
Berdasarkan observasi awal lapangan bahwa kompetensi pedagogik guru dalam mengelola pembelajaran di SMP Negeri 01 Sindang Kelingi ini masih bersifat konvensional, waktu yang digunakan sangat singkat, kurangnya media pembelajaran, kemudian didapatkan juga ada gejala bahwa kurangnya kompetensi guru dalam mengelola pembelajaran atau rendahnya pengetahuan guru.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru PAI dalam menanamkan ajaran Islam pada siswa di SMP Negeri I Sindang Kelingi terutama dari segi aqidah dan akhlak.Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menjadi penghambat guru PAI dalam menanamkan ajaran Islam pada siswa SMP Negeri I Sindang Kelingi terutama dari segi aqidah dan akhlak. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (fild reserch) dengan menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah seluruh guru PAI SMPN I Sindang Kelingi yang berjumlah 3 orang, guru-guru lain, serta beberapa siswa kelas VIII untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah dengan reduksi data, penyajian data, dan vertification atau penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan kompetensi pedagogik guru PAI dalam menanamkan ajaran Islam pada siswa di SMP Negeri I Sindang Kelingi ini sudah cukup baik, mulai dari pemahaman wawasan guru, pemahaman terhadap peserta didik, kemampuan guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran, kemampuan guru dalam mengevalusi hasil belajar, dan kemampuan guru dalam mengembangkan potensi siswa untuk mengaktualisasikan dirinya, namun belum maksimal. Dalam menanamkan ajaran Islam pada siswa, terdapat beberapa faktor penghambat kompetensi pedagogik guru dalam menanamkan ajaran Islam pada siswa diantaranya tidak ada keseriusan dan kurangnya minat siswa dalam belajar serta waktu yang digunakan sangat singkat sehingga tidak efisien, komunikasi siswa dan guru yang kurang baik sehingga pembelajaran tidak komunikatif, serta kurangnya media pembelajaran.
Referensi
Ahmad Sabri, Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching, Jakarta: Quantum Teaching, 2005.
Amirul Hadi dan Haryono, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Pustaka Setia, 1998.
Aprianto, Ruang Lingkup Ajaran Islam: Sebuah Tela’ah Kritis, http://apri76.wordpress.com/2008/07/14/ruang-lingkup-ajaran-islam-sebuah-telaah-kritis.
Beni Ahmad Saebani dan Hendra Akhdiyat, Ilmu Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia, 2009.
Bonawi dan Mohammad Arifin, Etika dan Profesi Kependidikan, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.
Burhan Bungin, Analisis Data Penelitian Kualitatif, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005.
Chaerul Rochman dan Heri Gunawan, Pengembangan Kompetensi Kepribadian Guru Menjadi Guru yang Dicintai dan Diteladani Oleh Siswa, Bandung : Nuansa Cendikia, 2011.
Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahan, Jakarta: CV Penerbit J-ART, 2007.
Fachruddin Saudagar, Ali Idrus, Pengembangan Profesinalitas Guru, Jakarta: Gaung Persada Press, 2009.
Ihsan Nul Hakim, Tafsir Ayat-ayat Pendidikan, Curup: LP 2 STAIN Curup, 2011.
Ihsan Nul Hakim, Tafsir Ayat-ayat Pendidikan, Curup: LP2 STAIN Curup. 2011.
Jamil Suprihatiningrum, Guru Profesional Pedoman Kinerja, Kualifikasi, & Kompetensi Guru, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Mulyasa, Menjadi Guru Pofesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.
Nur Uhbiyati, Ilmu Pendidikan Islam, Bandung: CV Pustaka Setia, 1996.
Pupuh Fathurrohman dan Sobry Sutikno, Stategi Belajar Mengajar, Bandung: PT Rafika Aditama,2010.
Safni Rida, Ilmu Kalam, Curup: LP2 STAIN Curup, 2010.
Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & B, Bandung: Alfabeta, 2009.
Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2012.
Supardi, Profesi Keguruan Berkompetensi dan Bersertifikat, Jakarta: Diadit Media, 2009.
Suparlan, Guru Sebagai Profesi, Yogyakarta: Hikayat Publishing, 2006.
Uyoh Sadulla, Pedagogik Ilmu Mendidik, Bandung: Alfabeta, 2011.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Pemberitahuan Hak Cipta
1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi (menyalin dan mendistribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun), dan menyesuaikan (mencampur, mengubah, dan membangun di atas bahan) karya untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2. Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi dalam jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
