IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER MENURUT KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT LEMBAK KECAMATAN BINDURIANG
Implementation of Character Value, Local Wisdom
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi nilai karakter jujur, toleransi, peduli sosial menurut kearifan masyarakat lembak, Masyarakat Lembak atau juga yang dikenal dengan Suku Lembak yang merupakan bagian dari masyarakat Provinsi Bengkulu, Kabupaten Rejang Lebong. Merupakan masyarakat yang terkenal dengan kearifan lokalnya. sikap peduli sosial, jujur, dan toleransi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, data diambil melalui wawancara dan observasi. Kemudian di reduksi sampai ditarik kesimpulan. Dari hasil penelitian tersebut implementasi nilai karakter jujur dapat dilihat dalam pelaksanaan Rasan Bekulo dan juga dalam pelaksanaan Upacara Pelara. Sedangkan karakter toleransi dapat dilihat dalam pelaksanaan Rasan Bekulo dan juga dalam pelaksanaan Sambai/Nandai dan karakter peduli sosial dapat dilihat dalam dalam pelaksanaan peringata kematian dari meninggal sampai acara seratus harian. Bentuk kepedulian pada keluarga duka dengan cara membantu baik secara tenaga, materi, maupun sebisa yang mereka bantu.
Downloads
References
Aziz, Abdul Hamka. 2011. Pendidikan karakter berpusat pada hati. Jakarta:Al-mawardi prima.
Azzet, Muhaimin Akhmad. 2010. Mengembangkan Kecerdasan Sosial bagi Anak, Jogjakarta: Katahati Bandung:Alfabeta.
Dharma Kusuma. 2011. Pendidikan Karakter Kajian Teori Dan Praktik Di Sekolah, Bandung :PT Remaja Rosdakarya.
Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan karakter konsep dan Implementasi, Bandung:Alfabeta.
Hasan, Said Hamid. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan KarakterBangsa. Jakarta: Kemenas Badan penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.
Ikhwani, Nur. 2017. Kepedulian Sosial Anak di Lingkungan Masyarakat Islam. Bandung:PT Remaja Rosdakarya Jakarta :Grasindo.
Kemendiknas.2011. Panduan Pendidikan Karakter. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Kebukuan Kemendiknas.
Majid, Abdul Dan Andayani Dian. 2011. Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Bandung:PT Remaja Rosdakarya.
Margosari Studi Deskriptif Anak-Anak Sanggar Belajar Margosari, Sidorejo, Salatiga Tahun 2017, Salatiga: Skripsi Tidak Diterbitkan.
Maulana, Achmad, dkk. 2004. Kamus Ilmiah Populer Yogyakarta: Absolut.
Meleong, JLexy.1997. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Multidimensional.Jakarta: Bumi Aksara.
Muslich, Masnur.2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangna Krisis Multidimensional Jakarta: Bumi Aksara.
Octavia, Lanny,et al. 2014. Pendidikan Karakter Berbasis Tradisi Pesantren. Jakarta: Rumah Kitab.
Rahmaniyah, Istighfatur. 2010. Pendidikan Etika. Malang:UIN Maliki Press Remaja Rosdakarya.
Samani, Muclas, Hariyanto. 2012. Pendidikan Karakter Konsep Dan Model, Bandung;Alfabeta
Sari, MayaYuni. 2014. Pembinaan Toleransi dan Peduli Sosial dalam sekolah. Bandung :PT Remaja Rosdakarya.
Sari, Yuni Maya, Pembinaan Toleransi dan Peduli Sosial dalam Upaya Memantapkan Watak Kewarganegaraan (Civil Disposition) Siswa, Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Volume 23, Nomor 1, (2014).
Soewadji, Jusuf. 2012. Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta:Mitra
Suhartono, Irwan. 1996. Metodologi Penelitian Sosial. Bandung: Remaja.
Suhartono, Suparlan. 2009. Filsafat Pendidikan, Yogyakarta:Arruz media.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format), and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).