EVALUATION OF ISLAMIC EDUCATION PROGRAM
Evaluation, Islamic Education Program
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah arti evaluasi tersebut, kemudian mengapa
guru perlu mengadakan evaluasi program pembelajaran dan apa saja yang menjadi obyek
dan sasaran dalam evaluasi serta bagaimanakah cara melaksanakan evaluasi program
tersebut. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya proses evaluasi terhadap hasil belajar
siswa dan evaluasi proses pengajarannya. Bila kita lihat dalam proses evaluasi hanya
mementingkan evaluasi hasil belajar, nampaknya kurang komperhensif. Oleh karena itu,
perlu membahas evaluasi program. Oleh karena itu evaluasi perlu direncanakan dengan
matang, karena berhubungan dan menyangkut banyak aspek. Motode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah pustaka dimana data diambil dari beberapa buku referensi
yang berkaitan dengan evaluasi pembelajaran. Kemudian dianalisis dengan menggunakan
pendekatan deskriptif. Selanjutnya kesimpulan pada penelitian ini adalah Eveluasi
program pendidikan Islam merupakan sebuah penilaian tentang rancangana atau kegiatan
yang direncanakan dengan seksama untuk memberikan bimbingan terhadap seseorang
agar ia menjadi insan yang dapat berkembang secara maksimal sesuai dengan ajaran
islam. Selanjutnya sebelum melakukan evaluasi program kita harus memperhatikan
terlebih dahulu tujuan institusional dan kemudian dikhususkan dalam bidang study PAI
serta mempertimbangkan kompetensi lulusan sebagai berikit: mengenali dan berprilaku
sesuai dengan ajaran agama Islam, mengenali dan menjalankan hak dan kuwajiban
diri, beretos kerja, dan peduli terhadap lingkungannya, berpikir secara logis kritis,
dan kkreatif serta berkomunikasi melalui berbagai media, menyenangi keindahan dan
membiasakan hidup bersi, bugar dan sehat, memiliki rasa cinta dan bangga terhadap
bangsa dan tanah air. Kemudian dalam melaksanakan evaluasi program dapat dilakukan
oleh orang-orang dari dalam (orang ikut terlibat dalam kegiatan), dan dapat pula orang
dari luar (orang yang tidak ikut terlibat dalam kegiatan program). Guru adalah pelaksana
sehingga mereka mengetahui betul apa yang terjadi di dalam proses belajar mengajar.
Guru penting atas berbaikan kualitas pengajarn, untuk memperbaiki proses pengajaran
yang akan dilaksanakan pada lain waktu. Dan yang terakhir cara melaksanakan evaluasi
program yaitu dengan menyiapkan instrument angket, pedoman wawancara, pedoman
pengamatan dan lain sebagainya. Sebagai cara yangpaling sedarhana adalah menncatat
terhadap peristiiwa yang dialami dari kegiatan sehari-hari di kelas.
Downloads
References
Evaluasi Program Pendidikan, Jakarta:
Bumi Aksara: 2009.
Arikunto, Suharsimi, Dasar-Dasar Evaluasi
Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 1995.
Chan, Sam M, Tuti Tarwiyah Adi, Analisis Swot
Kebijakan Era Otonomi Daerah, Jakarta:
Raja Grafindo Persada, 2005.
Nawawi, Hadari, Mimi Martini, Kebijakan
Pendidikan di Indonesia ditinjau dari
sudut hukum, Yogyakarta: Gadjah Mada
University Press, 1994.
Ramayulis, Metodologi Pendidikan Islam,
Jakarta: Kalam Mulia, 2005.
Shaleh, Abd Rahmad, Pendidikan Agama dan
Kenegaraan. (visi, misi dan aksi), Jakarta:
Gema windu panca perkasa, 2000.
Copyright Notice
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format), and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).