EVALUATION OF ISLAMIC EDUCATION PROGRAM

  • Siswanto Siswanto Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup
  • Eli Susanti Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup
Keywords:
Evaluation, Islamic Education Program

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah arti evaluasi tersebut, kemudian mengapa
guru perlu mengadakan evaluasi program pembelajaran dan apa saja yang menjadi obyek
dan sasaran dalam evaluasi serta bagaimanakah cara melaksanakan evaluasi program
tersebut. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya proses evaluasi terhadap hasil belajar
siswa dan evaluasi proses pengajarannya. Bila kita lihat dalam proses evaluasi hanya
mementingkan evaluasi hasil belajar, nampaknya kurang komperhensif. Oleh karena itu,
perlu membahas evaluasi program. Oleh karena itu evaluasi perlu direncanakan dengan
matang, karena berhubungan dan menyangkut banyak aspek. Motode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah pustaka dimana data diambil dari beberapa buku referensi
yang berkaitan dengan evaluasi pembelajaran. Kemudian dianalisis dengan menggunakan
pendekatan deskriptif. Selanjutnya kesimpulan pada penelitian ini adalah Eveluasi
program pendidikan Islam merupakan sebuah penilaian tentang rancangana atau kegiatan
yang direncanakan dengan seksama untuk memberikan bimbingan terhadap seseorang
agar ia menjadi insan yang dapat berkembang secara maksimal sesuai dengan ajaran
islam. Selanjutnya sebelum melakukan evaluasi program kita harus memperhatikan
terlebih dahulu tujuan institusional dan kemudian dikhususkan dalam bidang study PAI
serta mempertimbangkan kompetensi lulusan sebagai berikit: mengenali dan berprilaku
sesuai dengan ajaran agama Islam, mengenali dan menjalankan hak dan kuwajiban
diri, beretos kerja, dan peduli terhadap lingkungannya, berpikir secara logis kritis,
dan kkreatif serta berkomunikasi melalui berbagai media, menyenangi keindahan dan
membiasakan hidup bersi, bugar dan sehat, memiliki rasa cinta dan bangga terhadap
bangsa dan tanah air. Kemudian dalam melaksanakan evaluasi program dapat dilakukan
oleh orang-orang dari dalam (orang ikut terlibat dalam kegiatan), dan dapat pula orang
dari luar (orang yang tidak ikut terlibat dalam kegiatan program). Guru adalah pelaksana
sehingga mereka mengetahui betul apa yang terjadi di dalam proses belajar mengajar.
Guru penting atas berbaikan kualitas pengajarn, untuk memperbaiki proses pengajaran
yang akan dilaksanakan pada lain waktu. Dan yang terakhir cara melaksanakan evaluasi
program yaitu dengan menyiapkan instrument angket, pedoman wawancara, pedoman
pengamatan dan lain sebagainya. Sebagai cara yangpaling sedarhana adalah menncatat
terhadap peristiiwa yang dialami dari kegiatan sehari-hari di kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abd Jabar, Cepi Safruddin, Suharsimi Arikunto,
Evaluasi Program Pendidikan, Jakarta:
Bumi Aksara: 2009.
Arikunto, Suharsimi, Dasar-Dasar Evaluasi
Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 1995.
Chan, Sam M, Tuti Tarwiyah Adi, Analisis Swot
Kebijakan Era Otonomi Daerah, Jakarta:
Raja Grafindo Persada, 2005.
Nawawi, Hadari, Mimi Martini, Kebijakan
Pendidikan di Indonesia ditinjau dari
sudut hukum, Yogyakarta: Gadjah Mada
University Press, 1994.
Ramayulis, Metodologi Pendidikan Islam,
Jakarta: Kalam Mulia, 2005.
Shaleh, Abd Rahmad, Pendidikan Agama dan
Kenegaraan. (visi, misi dan aksi), Jakarta:
Gema windu panca perkasa, 2000.
Published
2019-10-05
How to Cite
Siswanto, Siswanto, and Eli Susanti. 2019. PARAMUROBI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 2 (1), 65-74. Accessed April 25, 2024. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/paramurobi.v2i1.817.

STATISTICS

Abstract viewed = 241 times
pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 603 times