IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER MENURUT KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT LEMBAK, KECAMATAN BINDURIANG

  • Lena Lena Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup
  • Nelson Nelson Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup
  • Siswanto Siswanto Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup
Kata Kunci: Implementasi Nilai Karakter, Kearifan Lokal

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi nilai karakter jujur, toleransi, peduli sosial menurut kearifan masyarakat lembak, Masyarakat Lembak atau juga yang dikenal dengan Suku Lembak yang merupakan bagian dari masyarakat Provinsi Bengkulu, Kabupaten Rejang Lebong. Merupakan masyarakat yang terkenal dengan kearifan lokalnya. sikap peduli sosial, jujur, dan toleransi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, data diambil melalui wawancara dan observasi. Kemudian di reduksi sampai ditarik kesimpulan. Dari hasil penelitian tersebut implementasi nilai karakter jujur dapat dilihat dalam pelaksanaan Rasan Bekulo dan juga dalam pelaksanaan Upacara Pelara. Sedangkan karakter toleransi dapat dilihat dalam pelaksanaan Rasan Bekulo dan juga dalam pelaksanaan Sambai/Nandai dan karakter peduli sosial dapat dilihat dalam dalam pelaksanaan peringata kematian dari meninggal sampai acara seratus harian. Bentuk kepedulian pada keluarga duka dengan cara membantu baik secara tenaga, materi, maupun sebisa yang mereka bantu.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Ahmadi, Rulam. Metodologi Penelitian Kualitatif. 2016. Yogyakarta :Ar-Ruzz Media.
Aziz, Abdul Hamka. 2011. Pendidikan karakter berpusat pada hati. Jakarta:Al-mawardi prima
Azzet, Muhaimin Akhmad.2010. Mengembangkan Kecerdasan Sosial bagi Anak, Jogjakarta: Katahati Bandung:Alfabeta
Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan karakter konsep dan Implementasi, Bandung:Alfabeta
Hasan, Said Hamid. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan KarakterBangsa. Jakarta: Kemenas Badan penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum,
Ikhwani, Nur. 2017. Kepedulian Sosial Anak di Lingkungan Masyarakat Islam.Bandung:PT Remaja Rosdakarya Jakarta :Grasindo
Jurnal IlmuPendidikan Sosial.Volume 23.Nomor 1
Kemendiknas.2011. Panduan Pendidikan Karakter. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Kebukuan Kemendiknas
Kusuma, Dharma. 2011. pendidikan karakter kajian teori dan praktik di
Majid, Abdul Dan AndayaniDian.2011.PendidikanKarakterPerspektif
Margosari Studi Deskriptif Anak-Anak Sanggar Belajar Margosari, Sidorejo, Salatiga Tahun 2017, Salatiga: Skripsi Tidak Diterbitkan
Maulana, Achmad, dkk. 2004. Kamus Ilmiah Populer Yogyakarta: Absolut
Meleong, JLexy. 1997. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara
Muslich, Masnur.2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangna Krisis
Octavia, Lanny,et al. 2014..PendidikanKarakterBerbasisTradisi
Pesantren.Jakarta: RumahKitab
Rahmaniyah, Istighfatur. 2010. Pendidikan etika. Malang :UIN Maliki Press
Remaja Rosdakarya
Samani, Muclas, Hariyanto .2012.pendidikankarakterkonsepdan model.
Sari, MayaYuni. 2014. Pembinaan Toleransi dan Peduli Sosial dalam sekolah. Bandung :PT Remaja Rosdakarya
Soewadji, Jusuf. 2012. Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta : Mitra
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan.PendekatanKuantitatif,
Suhartono, Irwan. 1996. Metodologi PenelitianSosial.Bandung: Remaja
Suhartono, Suparlan, 2009. Filsafat pendidikan, Yogyakarta : Arruz media
Upaya Memantapkan Watak Kewarganegaraan (Civil Disposition) Siswa,
Usman, Nurdin.2002.Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Wacana Media
Kualitatif, danR&D
Diterbitkan
2020-09-26
##submission.howToCite##
Lena, Lena, Nelson Nelson, dan Siswanto Siswanto. 2020. PARAMUROBI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 3 (1), 21-34. Diakses 10 Oktober 2025. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/paramurobi.v3i1.1429.