Aplikasi SAK EMKM pada UMKM Industri Pengolahan di Kabupaten Wonosobo

  • Chintya Nuryaningsih Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • M. Elfan Kaukab Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
Keywords:
Penerapan Sistem Pencatatan Akuntansi, Pemahaman Akuntansi, Sosialisasi, Penerapan SAK EMKM, UMKM

Abstract

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh tingkat penerapan sistem pencatatan akuntansi, tingkat pemahaman akuntansi, tingkat kesiapan pelaku, dan sosialisasi terhadap penerapan SAK EMKM pada UMKM industri pengolahan di Kabupaten Wonosobo.

Metode - Populasi dalam penelitian ini merupakan pemilik dari UMKM yang telah terdaftar di Dinas Perdagangan dan UKM Wonosobo. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode Accidental Samplingyang berjumlah 100 responden. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis regresi linear berganda.

Hasil - Penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pemahaman akuntansi berpengaruh terhadap penerapan SAK EMKM sedangkantingkat penerapan sistem pencatatan akuntansi, tingkat kesiapan pelaku, dan sosialisasi tidak berpengaruh terhadap penerapan SAK EMKM.

Keterbatasan - Penyebaran kuesioner yang sebagian melalui online dan butuh waktu sedikit lama dalam pengumpulan data karena motivasi para responden untuk mengisi rendah.

Implikasi - Pemberian reward pada para responden agar termotivasi dalam mengisi kuesioner, mewawancarai secara langsung dapat digunakan sebagai bahan dalam memberikan kesimpulan maupun pembahasan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-04-22
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 158 times
PDF downloaded = 104 times