Faktor Determinan Perilaku Bertransaksi Pada E-Commerce

  • Dini Setiadewi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an, Wonosobo, Indonesia
  • M. Elfan Kaukab Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah di Wonosobo
Keywords:
E-commerce, kontrol perilaku, kepuasan konsumen, perilaku bertransaksi, persepsi resiko

Abstract

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Bertransaksi Pada E-commerce. (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo).

Metodologi - Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode angket (kuesioner affline dan online). Pengambilan sampel dilakukan dengan rumus slovin dan stratified random sampling dan dengan menggunakan teknik analisis regresi linear berganda.

Hasil - penelitian ini menunjukkan bahwa variabel sikap (X1), kontrol perilaku (X2), Kemudahan Penggunaan (X3), dan persepsi risiko (X6) tidak berpengaruh terhadap perilaku bertransaksi pada e-commerce. Sedangkan kegunaan persepsi (X4) dan kepuasan konsumen (X5) berpengaruh positif terhadap perilaku bertransaksi pada e-commerce.

Keterbatasan - Penelitian ini hanya terbatas pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo.

Agenda Penelitian yang Akan Datang - Untuk penelitian selanjutnya diharapkan untuk menggunakan dan menambah variabel moderating ataupun intervening guna mengetahui variabel variabel lain yang dapat mempengaruhi dan memperkuat atau memperlemah variabel dependen, serta dalam pengumpulan data dapat dilakukan dengan wawancara dari beberapa mahasiswa yang menjadi responden penelitian.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-10-06
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 117 times
PDF downloaded = 106 times