Penguatan Ekonomi Masyarakat dalam Pengentasan Kemiskinan Ekstrim Melalui Sinergi Pemberdayaan Masyarakat

  • M. Elfan Kaukab UNIVERSITAS SAINS AL-QUR'AN WONOSOBO
Keywords:
penguatan ekonomi, pengentasan kemiskinan, kemiskinan ekstrim, pemberdayaan masyarakat

Abstract

Tujuan – Tujuan penelitian ini adalah memotret pola-pola penguatan ekonomi masyarakat Kabupaten Wonosobo dalam rangka mengentaskan kemiskinan ekstri dengan menggandeng masyarakat untuk bersinergi dalam mencapai tujuan.

Metode – Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode deksriptif. Sementara desain yang digunakan dalam penulisan ini adalah desain library studies di mana penulis melakukan penelusuran terhadap literature kemudian melakukan penelaahan.

Hasil – Sinergitas strategi penanggulangan kemiskinan selama ini telah dirumuskan menjadi lima kategori, yaitu: (1) Aspek kelembagaan penanggulangan kemiskinan; (2) Kebijakan dan penganggaran program untuk penanggulangan kemiskinan; (3) Sumber daya manusia (4) Data dan informasi mengenai kemiskinan, dan (5) Sistem monitoring dan evaluasi (monev) terhadap kebijakan dan program penanggulangan kemiskinan.

Implikasi – Sebagai bentuk pemetaan sinergi pengentasan kemiskinan dengan pola-pola yang melibatkan masyarakat sehingga dapat tercapai tujuan dengan terstruktur dan sistematis.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-10-29
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 196 times
PDF downloaded = 155 times

Most read articles by the same author(s)