Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian di Warung Makan Murah 24 Jam Kalibeber

  • Muhammad Gilang Maulana Azka Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur'an, Wonosobo
  • M. Elfan Kaukab
Keywords:
Persepsi Harga, Kualitas Produk, Aksesiblitas Lokasi, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh persepsi harga, kualitas produk, dan aksesibilitas lokasi terhadap keputusan pembelian di Warung Makan Murah 24 jam Kalibeber.

Metode – Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif asosiatif dengan melihat hubungan sebab akibat antara dua variabel atau lebih. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Konsumen Warung Makan Murah 24 Jam Kalibeber yang jumlahnya belum diketahui. Jumlah sampel minimum yang disarankan menurut Hair  yakni sebanyak 112 responden. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis yaitu menggunakan Regresi Linier Berganda.

Hasil - hasil penelitian dan pengujian secara parsial (uji t) diketahui bahwa untuk variabel Kualitas Produk tidak berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai signifikansi 0,165 > 0,05 sedangkan nilai t hitung 1,396 < 1,98197 nilai t tabelnya. Kemudian untuk variabel Persepsi Harga dan variabel Aksesibilitas Lokasi diketahui keduanya berpengaruh secara parsial terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai signifikansi 0,000 serta t hitung 5,635 untuk variabel Persepsi Harga dan nilai signifikansi 0,012 serta t hitung 2,553 untuk variabel Aksesibilitas Lokasi. Sedangkan untuk uji simultan (uji F) ketiga variabel secara simultan berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian sebesar 56,1% sedangkan 43,9% variabel diluar penelitian ini.

Implikasi – Hasil penelitian ini bermanfaat bagi pihak pemilik tempat usaha sebagai informasi dan bahan masukan dalam menentukan langkah-langkah strategi penjualan agar bisa menaikkan jumlah konsumen guna meningkatkan volume penjualan.

Orisinalitas – Penelitian ini dilakukan pada konsumen Warung Makan Murah 24 Jam Kalibeber untuk mengkaji faktor yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-10-30
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 229 times
PDF downloaded = 185 times