Jamasy: Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Perbankan Syariah https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jamasy <p>Jurnal Akutansi, Manajemen dan Perbankan Syariah</p> en-US Sun, 27 Oct 2024 10:04:02 +0700 OJS 3.1.0.0 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pengaruh Sikap Profesional, Motivasi Kerja, Disiplin Kerja Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jamasy/article/view/8130 <p><strong>Tujuan</strong> - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap profesional, motivasi kerja, disiplin &nbsp;kerja dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru (studi kasus pada SMA Tahakhasus Al-Quran di Wonosobo).</p> <p><strong>Metodologi -</strong> Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru di SMA Tahakhasus Al-Quran di wonosobo. Untuk pengambilan sampel menggunakan metode Teknik sensus, sampel dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SMA Tahakhasus Al-Quran di Wonosobo yang memenuhi kriteria tertentu sebagai seorang pengajar dengan jumlah responden 60 guru. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode angket. metode analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi spss v.25.</p> <p><strong>Hasil -</strong> Pengujian terhadap hipotesis, menunjukan bahwa variabel sikap professional dan kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Variabel motivasi kerja dan disiplin kerja tidak berpengaruh terhadap kinerja guru.</p> <p><strong>Implikasi –</strong> Penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan para pemangku kebijakan untuk meningkatkan kinerja para guru.&nbsp;</p> Puji Purnawan, M. Elfan Kaukab, M. Trihudiyatmanto ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jamasy/article/view/8130 Sun, 27 Oct 2024 09:50:00 +0700 Pengaruh Pembelajaran Akuntansi Keuangan, Literasi Keuangan, Kontrol Diri, Gaya Hidup, dan Financial Technology Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jamasy/article/view/8099 <p><strong>Tujuan </strong>- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran akuntansi keuangan, literasi keuangan, kontrol diri, gaya hidup, dan financial technology terhadap perilaku keuangan mahasiswa akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al- Qur’an (FEB UNSIQ).</p> <p><strong>Metode </strong>– Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian lini adalah penelitian kuantitatif. Meneliti pada populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data</p> <p>&nbsp;<strong>Hasil </strong>- Hasil penelitian lini menunjukkan bahwa pembelajaran akuntansi keuangan, literasi keuangan, kontrol diri, dan financial technology berpengaruh positif terhadap perilaku &nbsp;keuangan mahasiswa Akuntansi FEB Universitas Sains Al-Qur’an Angkatan 2020, Namun, gaya hidup tidak berpengaruh terhadap perilaku keuangan.</p> <p><strong>Implikasi </strong>- Penelitian ini mengambil data dari mahasiswa aktif Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Quran (FEB UNSIQ), khususnya mahasiswa Angkatan 2020 yang sudah menempuh mata kuliah akuntansi keprilakuan.</p> <p><strong>Orisinalitas </strong>- Orisinalitas dari penelitian ini terletak pada fokusnya yang spesifik pada pengaruh beberapa faktor, yaitu pembelajaran akuntansi keuangan, literasi keuangan, kontrol diri, gaya hidup, dan penggunaan financial technology terhadap perilaku keuangan mahasiswa di Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur’an.</p> Kharisa Mufariqoh, Romandhon Man, Fella Yunita Fitriyani ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jamasy/article/view/8099 Sun, 27 Oct 2024 09:51:39 +0700 Pengaruh Store Layout, Pricing, Pricing Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Olympic Sport Wonosobo https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jamasy/article/view/8131 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh store layout, product assortment, pricing, dan lokasi terhadap keputusan pembelian di toko <em>Olympic</em> Sport Wonosobo. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survey. Sampel penelitian terdiri dari 105 responden konsumen toko <em>Olympic</em> Sport Wonosobo. Uji hipotesis dilakukan untuk menguji pengaruh masing-masing variabel terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa store layout, product assortment, pricing, dan lokasi secara individu memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya perhatian terhadap faktor-faktor tersebut dalam meningkatkan keputusan pembelian konsumen di toko retail.</p> Adi Tri Mulya, Bahtiar Efendi, Heri Purwanto ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jamasy/article/view/8131 Sun, 27 Oct 2024 09:52:40 +0700 Pengaruh Pemahaman Akuntansi Dasar, Computer Attitude, Computer Knowledge, dan Fasilitas Laboratorium Terhadap Keahlian Penggunaan Aplikasi MYOB https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jamasy/article/view/7635 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis, dan mendapatkan bukti empiris tentang pengaruh pemahaman akuntansi dasar, computer attitude, computer knowledge, dan fasilitas laboratorium terhadap keahlian penggunaan aplikasi MYOB. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Wonosobo. Data yang digunakan berupa data primer yang diperoleh dengan penyebaran kuesioner kepada 103 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi SPSS v.25. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pemahaman akuntansi dasar dan computer knowledge berpengaruh positif terhadap keahlian penggunaan aplikasi MYOB. Sedangkan computer attitude dan fasilitas laboratorium tidak berpengaruh terhadap keahlian penggunaan aplikasi MYOB.</p> <p>Kata kunci: Pemahaman Akuntansi Dasar, Computer Attitude, Computer Knowledge, Fasilitas Laboratorium, Keahlian Penggunaan Aplikasi MYOB</p> Dewi Sangadah, Kurniawati Mutmainah, Susanti Susanti ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jamasy/article/view/7635 Sun, 27 Oct 2024 09:54:03 +0700 Pengaruh E Wallet dan Gaya Hidup Hedonis Terhadap Perilaku Konsumtif dengan Literasi Keuangan Sebagai Variabel Intervening https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jamasy/article/view/8201 <p><strong>Tujuan</strong> - Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh <em>e wallet </em>dan gaya hidup hedonis terhadap perilaku konsumtif dengan literasi keuangan sebagai variabel intervening pada mahasiswi manajemen Universitas Sains Al-Quran tahun angkatan 2020.</p> <p><strong>Metode &nbsp;</strong>– Dalam penelitian ini menggunakan teknik <em>probability sampling </em>dengan metode <em>purposive sampling </em>sehingga jumlah sampel pada penelitian berjumlah 151 responden yang merupakan mahasiswi manajemen Unsiq tahun angkatan 2020. Data dianalisis menggunakan IBM SPSS AMOS 26.</p> <p><strong>Hasil </strong>- Hasil penelitian ini menujukkan bahwa <em>e wallet</em> berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku konsumtif, gaya hidup hedonis berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku konsumtif, <em>e wallet</em> berpengaruh positif signifikan terhadap literasi keuangan, gaya hidup hedonis berpengaruh positif signifikan terhadap literasi keuangan, literasi keuangan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku konsumtif, literasi keuangan tidak mampu memediasi pengaruh <em>e wallet </em>terhadap perilaku konsumtif, literasi keuangan tidak mampu memediasi pengaruh gaya hidup hedonis terhadap perilaku konsumtif mahasiswi manajemen Unsiq tahun angkatan 2020.</p> <p><strong>Implikasi</strong> - Penelitian ini menggunakan data <em>research gap </em>berkaitan dengan pengaruh <em>e wallet </em>terhadap perilaku konsumtif dan data pra riset yang dilakukan pada 40 mahasiswi manajemen Unsiq tahun angkatan 2020.</p> <p><strong>Orisinalitas</strong> - Makalah ini melihat hubungan beberapa faktor yang mempengaruhi literasi keuangan dalam rangka meminimalisir tingkat perilaku konsumtif dikalangan Mahasiswi Manajemen Unsiq Tahun Agkatan 2020.</p> Sri Wahyuni, Bahtiar Efendi, Eni Candra Nurhayati ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jamasy/article/view/8201 Sun, 27 Oct 2024 00:00:00 +0700 Pengaruh Product Quality, Service Quality, Price Fairness, dan Store Atmosphere terhadap Kepuasan Pelanggan https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jamasy/article/view/8224 <p><strong>Tujuan</strong> - Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh <em>product quality</em>,<em> service quality, price fairness</em> dan <em>store atmosphere</em> terhadap kepuasan pelanggan pada pelanggan Store Nuanika Hijab Temanggung.</p> <p><strong>Metodologi</strong> – Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Store Nuanika Hijab Temanggung. Simple Random Sampling terhadap 120 responden. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda. Pengujian hipotesis menggunakan uji t, uji F dan koefisien determinasi dengan bantuan SPSS 25.</p> <p><strong>Hasil</strong> - Hasil pada penelitian menunjukkan variabel product quality memberikan pengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Store Nuanika Hijab yang dibuktikan dengan nilai thitung 2,129 &gt; ttabel 1,658. Service quality memberikan pengaruh positif secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Store Nuanika Hijab yang dibuktikan dengan nilai thitung 3,713 &gt; ttabel 1,658. Price fairness juga memberikan pengaruh positif secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Store Nuanika Hijab yang dibuktikan dengan nilai thitung 2,979 &gt; ttabel 1,658. Sedangkan Store atmosphere tidak memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Store Nuanika Hijab yang dibuktikan dengan nilai thitung 0,072 &lt; ttabel 1,658.</p> <p><strong>Implikasi</strong> – Memberikan gambaran tentang pengaruh product quality, service quality, price fairness dan store atmosphere terhadap kepuasan pelanggan pada pelanggan Store Nuanika sehingga perusahaan dapat menentukan kebijakan yang tepat dalam pemberdayaan bidang pemasaran.</p> <p><strong>Orisinalitas</strong> – Penelitian dilakukan pada pelanggan Store Nuanika Hijab Temanggung.</p> Maulida Malikhatul Fikriyah, M. Elfan Kaukab, Muhamad Asif Maulana Akbar, Muhammad Gilang Maulana Azka ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jamasy/article/view/8224 Sun, 27 Oct 2024 00:00:00 +0700