Pengaruh Etnosentrisme, Persepsi Kualitas, Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Emina

(Studi Kasus pada Konsumen di Kabupaten Wonosobo)

  • Nina Sarifatul Jannah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah di Wonosobo
  • M. Elfan Kaukab Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah di Wonosobo
  • M. Trihudiyatmanto Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah di Wonosobo
Keywords:
etnosentrisme, persepsi kualitas, brand image, dan keputusan pembelian.

Abstract

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh etnosentrisme, persepsi kualitas, dan brand image terhadap keputusan pembelian produk skincare Emina di Kabupaten Wonosobo.

Metodologi - Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebar kepada konsumen yang menggunakan skincare Emina di Kabupaten Wonosobo. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden diambil dari rumus Hair. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif, uji kualitas data, uji f, uji asumsi klasik, uji hipotesis dengan metode regresi linier berganda, dan uji koefisien determinasi.

Hasil Penelitian - Penelitian ini menunjukkan bahwa variabel etnosentrisme, persepsi kualitas, dan brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

Keterbatasan - Penelitian ini yaitu hanya memakai tiga variabel independen dalam penelitian, sehingga memungkinkan adanya variabel lain yang mempengaruhi keputusan pembelian, dan data yang diperoleh hanya bersumber dari kuesioner yang telah disebar sehingga memungkinkan ketidakjujuran responden dalam mengisi kuesioner penelitian ini.

Implikasi - Sebagai bahan pertimbangan bagi perusahaan Emina untuk mengevaluasi strategi marketing sehingga dapat meningkatkan ketertarikan konsumen untuk membeli produk skincare Emina.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-06-21
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times