Analisis Bauran Pemasaran Dengan Metode Analitycal Network Process (ANP)
(Studi Kasus pada Kafe Abbasy Coffee And Eatery di Wonosobo)
ANP, Marketing Mix,, Strategi Pemasaran
Abstract
Tujuan - Dalam rangka meningkatkan penjulan, kafe Abbasy Coffee And Eatery sebaiknya merumuskan strategi pemasaran yang tepat agar dapat bersaing serta memenangkan pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi masalah dalam menganalisis tingkat kepentingan masing- masing indikator dalam bauran pemasaran, dan menganalisis tingkat kepentingan variabel terhadap ultimate goal dalam bauran pemasaran.
Metode - Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif yang bertujuan untuk menangkap suatu nilai atau pandangan yang diwakili para pakar, praktisi, dan konsumen. Alat analisis yang digunakan adalah metode ANP dengan pendekatan jaringan umum dan diolah dengan menggunakan software “SuperDecisions” serta Microsoft excel.
Hasil - Hasil penelitian ini yaitu teridentifikasi masalah dalam kegiatan operasional serta diperoleh secara statistik konsensus dari para responden terkait strategi bauran pemasaran kafe Abbasy Coffee And Eatery.
Implikasi - Penelitian ini diharapkan dapat membantu manajemen untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat bagi perusahaan serta diharapkan dapat bermanfaat bagi pelaku bisnis kafe yang lain sebagai referensi. Dan manfaat bagi peneliti dapat menerapkan ilmu pengetahuan yang dipelajari di perkuliahan.