Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-Wom), Brand Image, Fasilitas, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Berkunjung
(Studi pada Wisata Alam Posong di Kabupaten Temanggung)
Electronic word of mouth, brand image, fasilitas, kualitas pelayanan, keputusan berkunjung
Abstract
Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh electronic word of mouth, brand image, fasilitas, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan berkunjung wisatawan di Wisata Alam Posong.
Metode – Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan Wisata Alam Posong, dan jumlah sampel yang digunakan berjumlah 80 responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis linier berganda dan dalam mengolah data menggunakan software SPSS 22.
Hasil – Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap keputusan berkunjung, sedangkan electronic word of mouth, brand image, dan fasilitas tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan berkunjung wisatawan di Wisata Alam Posong.
Saran – Untuk meningkatkan keputusan berkunjung maka perlu dilakukan peningkatan kualitas pelayanan dari segala aspek.
Keterbatasan – Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan kuesioner yang dibagikan secara online, dan dalam proses pengambilan data dan informasi yang diberikan responden terkadang tidak menunjukan keadaan sebenarnya.
Agenda Penelitian yang akan Datang – Penelitian selanjutnya diharapkan peneliti dapat memberikan arahan kepada responden, agar data atau informasi yang diberikan mampu menunjukan keadaan sebenarnya.