Pengaruh Content Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Dengan E-Word Of Mouth Sebagai Variabel Intervening
content marketing, electronic word of mouth, keputusan pembelian
Abstract
Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh content marketing terhadap keputusan pembelian dengan electronic word of mouth sebagai variabel intervening pada marketplace TiktokShop.
Metodology - Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiwa aktif Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur’an, dengan menggunakan sampel sebanyak 160 responden dengan menggunakan teknik random sampling sebagai teknik pengambilanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan diukur menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) Amos. Pengumpulan data diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner pada mahasiswa aktif Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur’an.
Hasil - Hasil penelitian menunjukan bahwa content marketing dan electronic word of mouth berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, content marketing berpengaruh positif terhadap electronic word of mouth dan electronic word of mouth tidak memediasi hubungan content marketing terhadap keputusan pembelian.
Implikasi - Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran tentang pengaruh content marketing, dan e-word of mouth terhadap keputusan pembelian pada marketplace TiktokShop serta memberikan kontribusi untuk penelitian lebih lanjut dalam bidang pemasaran. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi untuk mempelajari permasalahan yang berhubungan dengan keputusan pembelian dan sebagai acuan untuk penelitian lain yang meneliti permasalahan serupa.