Analisis Pengaruh Dimensi Store Atmosphere Terhadap Minat Beli
(Studi Pada Toko Erna Banjarnegara)
Exterior, General Interior, Store Layout, Interior Displays, Minat Beli
Abstract
Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi analisis pengaruh dimensi Store Atmosphere terhadap Minat Beli, studi pada Toko Erna Banjarnegara. Data yang di gunakan dalam penelitian ini dengan cara membagikan kuesioner secara langsung kepada konsumen toko Erna.
Metodologi - Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli di toko Erna, pendapat Hair at el sampel ditetapkan 100 responden dengan penyebaran menggunakan teknik non-probability sampling (purposive sampling). Data di analisa dengan menggunakan analisa deskriptif, analisis regresi linear berganda, uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji multikolonieritas, uji hekteroskedastisitas, dan pengujian hipotesis meliputi uji F, uji t dan koefisien determinasi R2.
Hasil - Dimensi Store Atmosphere yang terdiri dari Exterior, General Interior, Store Layout dan Interior Displays berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli.
Implikasi - Bagi investor hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi sebagai bahan pertimbangan dalam mengembangkan dan mempercantik tokonya agar menjadi lebih menarik sehingga semakin menambah minat beli konsumen.
Orisinalitas - Pada penelitian ini menggunakan variabel dimensi store atmosphere pada toko Erna yang merupakan sebuah toko yang telah melakukan penjualan atau operasional lebih dari sepuluh tahun.