https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jamasy/issue/feed Jamasy: Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Perbankan Syariah 2024-11-20T11:54:35+07:00 Open Journal Systems <p>Jurnal Akutansi, Manajemen dan Perbankan Syariah</p> https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jamasy/article/view/8130 Pengaruh Sikap Profesional, Motivasi Kerja, Disiplin Kerja Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru 2024-10-27T10:04:01+07:00 Puji Purnawan pujipurnawan21@gmail.com M. Elfan Kaukab elfan@unsiq.ac.id M. Trihudiyatmanto trihudiyatmanto@unsiq.ac.id <p><strong>Tujuan</strong> - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap profesional, motivasi kerja, disiplin &nbsp;kerja dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru (studi kasus pada SMA Tahakhasus Al-Quran di Wonosobo).</p> <p><strong>Metodologi -</strong> Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru di SMA Tahakhasus Al-Quran di wonosobo. Untuk pengambilan sampel menggunakan metode Teknik sensus, sampel dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SMA Tahakhasus Al-Quran di Wonosobo yang memenuhi kriteria tertentu sebagai seorang pengajar dengan jumlah responden 60 guru. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode angket. metode analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi spss v.25.</p> <p><strong>Hasil -</strong> Pengujian terhadap hipotesis, menunjukan bahwa variabel sikap professional dan kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Variabel motivasi kerja dan disiplin kerja tidak berpengaruh terhadap kinerja guru.</p> <p><strong>Implikasi –</strong> Penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan para pemangku kebijakan untuk meningkatkan kinerja para guru.&nbsp;</p> 2024-10-27T09:50:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jamasy/article/view/8099 Pengaruh Pembelajaran Akuntansi Keuangan, Literasi Keuangan, Kontrol Diri, Gaya Hidup, dan Financial Technology Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa 2024-10-27T10:04:01+07:00 Kharisa Mufariqoh kharissamufariqohh.123@gmail.com Romandhon Man romandhon7977@gmail.com Fella Yunita Fitriyani romandhon@unsiq.ac.id <p><strong>Tujuan </strong>- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran akuntansi keuangan, literasi keuangan, kontrol diri, gaya hidup, dan financial technology terhadap perilaku keuangan mahasiswa akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al- Qur’an (FEB UNSIQ).</p> <p><strong>Metode </strong>– Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian lini adalah penelitian kuantitatif. Meneliti pada populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data</p> <p>&nbsp;<strong>Hasil </strong>- Hasil penelitian lini menunjukkan bahwa pembelajaran akuntansi keuangan, literasi keuangan, kontrol diri, dan financial technology berpengaruh positif terhadap perilaku &nbsp;keuangan mahasiswa Akuntansi FEB Universitas Sains Al-Qur’an Angkatan 2020, Namun, gaya hidup tidak berpengaruh terhadap perilaku keuangan.</p> <p><strong>Implikasi </strong>- Penelitian ini mengambil data dari mahasiswa aktif Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Quran (FEB UNSIQ), khususnya mahasiswa Angkatan 2020 yang sudah menempuh mata kuliah akuntansi keprilakuan.</p> <p><strong>Orisinalitas </strong>- Orisinalitas dari penelitian ini terletak pada fokusnya yang spesifik pada pengaruh beberapa faktor, yaitu pembelajaran akuntansi keuangan, literasi keuangan, kontrol diri, gaya hidup, dan penggunaan financial technology terhadap perilaku keuangan mahasiswa di Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur’an.</p> 2024-10-27T09:51:39+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jamasy/article/view/8131 Pengaruh Store Layout, Pricing, Pricing Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Olympic Sport Wonosobo 2024-10-27T10:04:02+07:00 Adi Tri Mulya bahtiarefd@unsiq.ac.id Bahtiar Efendi bahtiarefd@unsiq.ac.id Heri Purwanto bahtiarefd@unsiq.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh store layout, product assortment, pricing, dan lokasi terhadap keputusan pembelian di toko <em>Olympic</em> Sport Wonosobo. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survey. Sampel penelitian terdiri dari 105 responden konsumen toko <em>Olympic</em> Sport Wonosobo. Uji hipotesis dilakukan untuk menguji pengaruh masing-masing variabel terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa store layout, product assortment, pricing, dan lokasi secara individu memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya perhatian terhadap faktor-faktor tersebut dalam meningkatkan keputusan pembelian konsumen di toko retail.</p> 2024-10-27T09:52:40+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jamasy/article/view/7635 Pengaruh Pemahaman Akuntansi Dasar, Computer Attitude, Computer Knowledge, dan Fasilitas Laboratorium Terhadap Keahlian Penggunaan Aplikasi MYOB 2024-10-27T10:10:24+07:00 Dewi Sangadah dewisangadah28@gmail.com Kurniawati Mutmainah dewisangadah28@gmail.com Susanti Susanti dewisangadah28@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis, dan mendapatkan bukti empiris tentang pengaruh pemahaman akuntansi dasar, computer attitude, computer knowledge, dan fasilitas laboratorium terhadap keahlian penggunaan aplikasi MYOB. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Wonosobo. Data yang digunakan berupa data primer yang diperoleh dengan penyebaran kuesioner kepada 103 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi SPSS v.25. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pemahaman akuntansi dasar dan computer knowledge berpengaruh positif terhadap keahlian penggunaan aplikasi MYOB. Sedangkan computer attitude dan fasilitas laboratorium tidak berpengaruh terhadap keahlian penggunaan aplikasi MYOB.</p> <p>Kata kunci: Pemahaman Akuntansi Dasar, Computer Attitude, Computer Knowledge, Fasilitas Laboratorium, Keahlian Penggunaan Aplikasi MYOB</p> 2024-10-27T09:54:03+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jamasy/article/view/8201 Pengaruh E Wallet dan Gaya Hidup Hedonis Terhadap Perilaku Konsumtif dengan Literasi Keuangan Sebagai Variabel Intervening 2024-11-14T10:23:45+07:00 Sri Wahyuni sriwahyuni22004@gmail.com Bahtiar Efendi bahtiarefd@unsiq.ac.id Eni Candra Nurhayati enicandra@unsiq.ac.id <p><strong>Tujuan</strong> - Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh <em>e wallet </em>dan gaya hidup hedonis terhadap perilaku konsumtif dengan literasi keuangan sebagai variabel intervening pada mahasiswi manajemen Universitas Sains Al-Quran tahun angkatan 2020.</p> <p><strong>Metode &nbsp;</strong>– Dalam penelitian ini menggunakan teknik <em>probability sampling </em>dengan metode <em>purposive sampling </em>sehingga jumlah sampel pada penelitian berjumlah 151 responden yang merupakan mahasiswi manajemen Unsiq tahun angkatan 2020. Data dianalisis menggunakan IBM SPSS AMOS 26.</p> <p><strong>Hasil </strong>- Hasil penelitian ini menujukkan bahwa <em>e wallet</em> berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku konsumtif, gaya hidup hedonis berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku konsumtif, <em>e wallet</em> berpengaruh positif signifikan terhadap literasi keuangan, gaya hidup hedonis berpengaruh positif signifikan terhadap literasi keuangan, literasi keuangan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku konsumtif, literasi keuangan tidak mampu memediasi pengaruh <em>e wallet </em>terhadap perilaku konsumtif, literasi keuangan tidak mampu memediasi pengaruh gaya hidup hedonis terhadap perilaku konsumtif mahasiswi manajemen Unsiq tahun angkatan 2020.</p> <p><strong>Implikasi</strong> - Penelitian ini menggunakan data <em>research gap </em>berkaitan dengan pengaruh <em>e wallet </em>terhadap perilaku konsumtif dan data pra riset yang dilakukan pada 40 mahasiswi manajemen Unsiq tahun angkatan 2020.</p> <p><strong>Orisinalitas</strong> - Makalah ini melihat hubungan beberapa faktor yang mempengaruhi literasi keuangan dalam rangka meminimalisir tingkat perilaku konsumtif dikalangan Mahasiswi Manajemen Unsiq Tahun Agkatan 2020.</p> 2024-10-27T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jamasy/article/view/8224 Pengaruh Product Quality, Service Quality, Price Fairness, dan Store Atmosphere terhadap Kepuasan Pelanggan 2024-11-20T11:54:35+07:00 Maulida Malikhatul Fikriyah maulidamf1617@gmail.com M. Elfan Kaukab elfan@unsiq.ac.id Muhamad Asif Maulana Akbar asif@unsiq.ac.id Muhammad Gilang Maulana Azka gilangmaulanaazka@unsiq.ac.id <p><strong>Tujuan</strong> - Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh <em>product quality</em>,<em> service quality, price fairness</em> dan <em>store atmosphere</em> terhadap kepuasan pelanggan pada pelanggan Store Nuanika Hijab Temanggung.</p> <p><strong>Metodologi</strong> – Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Store Nuanika Hijab Temanggung. Simple Random Sampling terhadap 120 responden. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda. Pengujian hipotesis menggunakan uji t, uji F dan koefisien determinasi dengan bantuan SPSS 25.</p> <p><strong>Hasil</strong> - Hasil pada penelitian menunjukkan variabel product quality memberikan pengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Store Nuanika Hijab yang dibuktikan dengan nilai thitung 2,129 &gt; ttabel 1,658. Service quality memberikan pengaruh positif secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Store Nuanika Hijab yang dibuktikan dengan nilai thitung 3,713 &gt; ttabel 1,658. Price fairness juga memberikan pengaruh positif secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Store Nuanika Hijab yang dibuktikan dengan nilai thitung 2,979 &gt; ttabel 1,658. Sedangkan Store atmosphere tidak memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Store Nuanika Hijab yang dibuktikan dengan nilai thitung 0,072 &lt; ttabel 1,658.</p> <p><strong>Implikasi</strong> – Memberikan gambaran tentang pengaruh product quality, service quality, price fairness dan store atmosphere terhadap kepuasan pelanggan pada pelanggan Store Nuanika sehingga perusahaan dapat menentukan kebijakan yang tepat dalam pemberdayaan bidang pemasaran.</p> <p><strong>Orisinalitas</strong> – Penelitian dilakukan pada pelanggan Store Nuanika Hijab Temanggung.</p> 2024-10-27T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement##