https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jamasy/issue/feed Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Perbankan Syariah 2025-09-29T11:05:40+07:00 Open Journal Systems <p>Jurnal Akutansi, Manajemen dan Perbankan Syariah</p> https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jamasy/article/view/10213 Pengaruh Security dan Electronic Word of Mouth terhadap Consumer Purchase Decision Blibli dengan Trust sebagai Intervening 2025-09-08T18:06:33+07:00 Revi Listiana revvylistiana@gmail.com M. Elfan Kaukab elfan@unsiq.ac.id Muhamad Asif Maulana Akbar asif@unsiq.ac.id <p><strong>Tujuan</strong> - Penelitian ini Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh <em>Security </em>dan <em>Electronic Word of Mouth </em>(E-WOM) terhadap <em>Purchase Decision </em>dengan <em>Trust </em>sebagai variabel intervening pada pengguna Blibli di kalangan mahasiswa Universitas Sains Al-Quran (UNSIQ) Wonosobo.</p> <p><strong>Metodologi</strong> – Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi penelitian adalah mahasiswa aktif UNSIQ dan sampel diambil sebanyak 100 responden menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan menggunakan Partial Least Square - Structural Equation Modeling (PLS- SEM).</p> <p><strong>Hasil</strong> <strong>penelitian</strong> – menunjukkan bahwa <em>Security </em>berpengaruh signifikan terhadap <em>Trust </em>(t = 8,213; p = 0,000) dan E-WOM juga berpengaruh signifikan terhadap <em>Trust </em>(t = 6,277; p = 0,000). <em>Trust </em>berpengaruh signifikan terhadap <em>Purchase Decision </em>(t = 6,134; p = 0,000), serta mampu memediasi pengaruh <em>Security </em>dan E- WOM terhadap <em>Purchase Decision.</em></p> <p><strong>Keterbatasan</strong> – Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner daring, sehingga memungkinkan adanya bias subjektivitas responden serta keterbatasan pemahaman terhadap pernyataan instrumen.</p> <p><strong>Agenda</strong> <strong>Penelitian</strong> <strong>yang</strong> <strong>Akan</strong> <strong>Datang</strong> – diharapkan dapat memperluas cakupan dengan menambahkan variabel lain seperti <em>brand awareness </em>atau <em>customer experience, </em>serta menggunakan pendekatan longitudinal untuk melihat dinamika perubahan perilaku konsumen dari waktu ke waktu.</p> 2025-08-28T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jamasy/article/view/10214 Pengaruh Job Satisfaction, Empowering Leadership, Work Discipline, Work Life Balance Terhadap Performance Karyawan 2025-09-08T18:06:33+07:00 Muhammad Rifki Zulfan trihudiyatmanto@unsiq.ac.id M. Trihudiyatmanto trihudiyatmanto@unsiq.ac.id Eni Candra Nurhayati trihudiyatmanto@unsiq.ac.id <p><strong>Tujuan -</strong> Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh <em>Job Satisfaction, Empowering Leadership, Work Discipline, Work Life Balance</em> Terhadap <em>Performance Karyawan</em> Pada Lpx Studio Di Wonosobo.</p> <p><strong>Metodologi -</strong> Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 60 responden diambil menggunakan teknik sensus sampling. Pengumpulan data responden dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebar secara online lewat google form yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistic deskriptif, uji kualitas data, uji goodness of fit, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi yang diolah menggunakan aplikasi IMB SPSS versi 25.0.</p> <p><strong>Hasil -</strong> Hasil penelitian menunjukkan bahwa <em>Job Satisfaction, Empowering Leadership, Work Discipline, Work Life Balance </em>berpengaruh positif dan signifikan Terhadap <em>Performance </em>Karyawan.</p> <p><strong>Implikasi -</strong> Mengurangi permasalahan pada LPX Studio yaitu adanya penurunan Kinerja Karyawan yang perlu untuk diselesaikan agar tidak semakin mengancam LPX Studio.</p> 2025-08-28T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jamasy/article/view/10193 Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah 2025-09-15T10:35:43+07:00 Shufi Aulia romandhon@unsiq.ac.id Romandhon Romandhon romandhon7977@gmail.com Susanti Susanti romandhon@unsiq.ac.id <p><strong>Tujuan </strong>- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas laporan keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Wonosobo.</p> <p><strong>Metode </strong>– Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan sampel berjumlah 72 pegawai di BPPKAD Kabupaten Wonosobo dan di dapat dengan teknik pengambilan simple random sampling.</p> <p><strong>Hasil </strong>- Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan SAKD dan SAP berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah, sementara kompetensi SDM dan pemanfaatan TI tidak menunjukkan pengaruh signifikan.</p> <p><strong>Implikasi </strong>- Penelitian ini menekankan pentingnya penerapan sistem dan stadar akuntansi dalam menghasilkan laporan keuangan yang berkualitas serta perlunya penguatan kompetensi SDM dan Teknologi Informasi.</p> <p><strong>Orisinalitas </strong>- Makalah ini melihat hubungan beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas laporan keuangan pemerintah daerah Kabupaten Wonoosbo. Penelitian ini memberikan gambaran mengenai perkembangan Kabupaten Wonosobo melalui kualitas laporan keuangannya.</p> 2025-08-28T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jamasy/article/view/10280 Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Store Atmosphere, Promosi Word Of Mouth, Dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen Rumah Makan Pororojo 2025-09-20T12:28:48+07:00 Anni Enggal Pangestuti bahtiarefd@unsiq.ac.id Bahtiar Efendi bahtiarefd@unsiq.ac.id Heri Purwanto bahtiarefd@unsiq.ac.id <p><strong>Tujuan</strong> - Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan, <em>store atmosphere, </em>promosi <em>word of mouth </em>&nbsp;dan lokasi terhadap minat beli konsumen rumah makan Pororojo pada studi kasus konsumen mahasiswa FEB UNSIQ.</p> <p><strong>Metode </strong>– Penelitian ini menggunakan metode penelitian kausal komparatif dimana salah satu metode penelitian kuantitatif ex post facto dilakukan dengan melihat hubungan sebab akibat antara satu perubahan dengan perubahan lainnya berdasarkan data yang ada.</p> <p><strong>Hasil </strong>- Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis kualitas pelayanan store atmosphere, promosi word of moth dan lokasi memiliki hubungan yang signifikan pada minat beli konsumen rumah makan Pororojo pada studi kasus konsumen mahasiswa FEB UNSIQ.</p> <p><strong>Orisinalitas</strong> – penelitian ini membahas tentang analisis kualitas pelayaan promosi terahadap minat konsumen di rumah makan Pororojo.</p> 2025-08-28T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jamasy/article/view/10281 Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Promosi Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian 2025-09-21T05:46:44+07:00 Firda Fajria Nur Azilla trihudiyatmanto@unsiq.ac.id Eni Candra Nurhayati trihudiyatmanto@unsiq.ac.id M. Trihudiyatmanto trihudiyatmanto@unsiq.ac.id <p><strong>Tujuan -</strong> Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh&nbsp; kualitas produk, persepsi harga, promosi, dan inovasi produk terhadap keputusan pembelian pada Dnsty Konveksi.</p> <p><strong>Metodologi - </strong>Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode pendekatan kuantitatif&nbsp;&nbsp; dengan teknik analisis regresi linier berganda. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 100 responden, dengan metode pengambilan sampel menggunakan <em>puposiv sampling</em>. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa&nbsp; secara bersama-sama keempat variabel independen berpengaruh&nbsp; positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.</p> <p><strong>Hasil -</strong> Hasil uji t menunjukan bahwa kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dibuktikan dengan nilai t hitung 2,911 lebih besar dari t tabel 1,985, persepsi harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dibuktikan dengan t hitung 6,728 lebih besar dari t tabel 1,985, promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dibuktikan dengan t hitung 3.192 lebih besar dari t tabel 1,985, dan inovasi produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dibuktikan dengan t hitung 4,733 lebih besar t tabel 1,985.</p> <p><strong>Implikasi -</strong> Temuan ini memberikan implikasi penting dalam perumusan&nbsp; kebijakan pada usaha Dnsty konveksi&nbsp; untuk meningkatkan keputusan pembelian. Dnsty konveksi disarankan untuk meningkatkan kualitas produk, persepsi harga, promosi dan inovasi produk terhadap keputusan pembelian.</p> 2025-08-28T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jamasy/article/view/10303 Hubungan antara Etika Konsumsi Islami dan Penggunaan Platform Fintech Syariah dalam Pengelolaan Keuangan Pribadi 2025-09-29T11:05:40+07:00 Sarno Wuragi sarno.wuragil@gmail.com Hery Purwanto halalan.thayibah@gmail.com <p><strong>Tujuan </strong>- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Etika Konsumsi Islami, Tingkat Pendidikan, dan Pendapatan terhadap Penggunaan Platform Fintech Syariah dalam pengelolaan keuangan pribadi.</p> <p><strong>Metode -</strong> Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui kuisioner yang disebarkan kepada 400 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dan uji korelasi Pearson untuk mengetahui hubungan dan pengaruh antarvariabel. Kebaruan dari penelitian ini terletak pada integrasi faktor Etika Konsumsi Islami dengan penggunaan teknologi keuangan syariah, yang sebelumnya belum banyak diteliti secara empiris. Selain itu, penelitian ini juga mengidentifikasi pengaruh simultan dari faktor demografis seperti Tingkat Pendidikan dan Pendapatan dalam adopsi fintech syariah, memberikan pandangan yang lebih komprehensif mengenai faktor-faktor yang mendorong penggunaannya dalam konteks keuangan Islami.</p> <p><strong>Hasil -</strong> Hasil penelitian menunjukkan bahwa Etika Konsumsi Islami memiliki pengaruh signifikan terhadap penggunaan platform fintech syariah dengan nilai koefisien regresi β=0,45 dan nilai p=0,000 Selain itu, variabel Tingkat Pendidikan juga berpengaruh signifikan dengan nilai koefisien β=0,20 dan p=0,03. Sementara itu, variabel Pendapatan memiliki pengaruh signifikan dengan nilai koefisien β=0,15 dan p=0,04. Penelitian ini menyimpulkan bahwa semakin tinggi penerapan etika konsumsi Islami, serta semakin tinggi tingkat pendidikan dan pendapatan seseorang, semakin besar kemungkinan penggunaan platform fintech syariah.</p> <p><strong>Implikasi -</strong> Penelitian ini memberikan kontribusi pada literatur keuangan syariah dengan menyoroti pentingnya faktor etika dan demografis dalam adopsi teknologi keuangan berbasis syariah. Implikasi kebaruan dari penelitian ini adalah bahwa perusahaan fintech syariah perlu menekankan edukasi mengenai nilai-nilai etika Islami serta mempertimbangkan faktor demografis untuk meningkatkan adopsi platform mereka.</p> 2025-08-28T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement##