https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jamasy/issue/feedJurnal Akuntansi, Manajemen dan Perbankan Syariah2025-05-20T13:52:29+07:00Open Journal Systems<p>Jurnal Akutansi, Manajemen dan Perbankan Syariah</p>https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jamasy/article/view/9175Pengaruh Corporate Governance, Koneksi Politik Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Agresivitas Pajak2025-04-28T13:27:44+07:00Azzah Faa’iqohazzahfaaiqoh20@gmail.comSyafnita Syafnitanita_syafri@yahoo.comDian Priatiningsihdian.unikal@gmail.comMella Mardayantimardayantimella@gmail.comKomala Ardiyanikomala2803@gmail.comMaulidin Fachrurmaulidinfachrurunikal@gmail.comDian Milasarimila.feunikal@gmail.comFangela Myas Sarifangelamyassari@gmail.comM. Trihudiyatmantotrihudiyatmanto@unsiq.ac.id<p><strong>Tujuan - </strong>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh <em>corporate governance</em>, koneksi politik, dan pertumbuhan penjualan terhadap agresivitas pajak pada perusahaan pertambangan sektor energi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2018-2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif kausalitas, yang bertujuan untuk menguji hubungan sebab akibat antara variabel independen dan variabel dependen.</p> <p><strong>Metode -</strong> Metode penelitian menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan yang tersedia di situs resmi BEI. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan kriteria perusahaan yang secara konsisten menyampaikan laporan keuangan selama periode penelitian dan memiliki data yang lengkap. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan software IBM SPSS 20.</p> <p><strong>Hasil - </strong>Menunjukan bahwa pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh signifikan terhadap agresivitas pajak. Tetapi hasil penelitian ini tidak sejalan dan tidak mendukung hasil penelitian yang dilakukan oleh Christina dan Wahyudi (2022) serta Cahyani dan Noviari (2023) yang menunjukan bahwa pertumbuhan penjualan berpengaruh signifikan terhadap agresivitas pajak.</p> <p><strong>Implikasi – </strong>Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam upaya meningkatkan kepatuhan perpajakan dan kualitas tata kelola perusahaan di Indonesia.</p> <p><strong>Orisinalitas – </strong>Fokus pada perusahaan pertambangan sektor energi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2018–2022 memberikan perspektif baru yang spesifik terhadap industri dan rentang waktu tertentu.</p>2025-04-28T11:47:13+07:00##submission.copyrightStatement##https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jamasy/article/view/7626Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Dan Intensitas Modal Terhadap Tax Avoidance2025-04-28T13:27:44+07:00Ahmat Ikhlasikhlasahmad403@gmail.comKurniawati Mutmainahniakurnia@gmail.com<p><strong>Tujuan</strong> - Penelitian ini bertujuan membuktikan pengaruh pengaruh dari profitabilitas, <em>leverage</em>, ukuran perusahaan dan intensitas modal terhadap <em>tax avoidance </em>perusahaan <em>food and beverage</em> tahun 2021 sampai 2023.</p> <p><strong>Metode </strong>– Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Metode kuantitatif dapat diartikan sebagai metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang ditetapkan (Sugiyono, 2020).</p> <p><strong>Hasil </strong>- Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas dan intensitas modal memiliki pengaruh positif terhadap <em>tax avoidance. </em>Sedangkan leverage dan ukuran perusahaan memiliki pengaruh negatif terhadap <em>tax avoidance</em>.</p> <p><strong>Implikasi</strong> - Penelitian ini perusahaan <em>food and beverage</em> yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2021 sampai 2023.</p> <p><strong>Orisinalitas</strong> - Penelitian ini melihat hubungan profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan dan intensitas modal terhadap <em>tax avoidance</em> perusahaan <em>food and beverage</em> yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2021 sampai 2023.</p>2025-04-28T13:19:35+07:00##submission.copyrightStatement##https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jamasy/article/view/9104Mengukur Loyalitas Karyawan pada PT Tunas Madukara Indah 2 Wonosobo2025-04-28T13:27:44+07:00Diana Anggraenianggraenidiana938@gmail.comM. Elfan Kaukabelfan@unsiq.ac.idMuhamad Asif Maulana Akbarasif@unsiq.ac.idMuhammad Gilang Maulana Azkagilangmaulanaazka@unsiq.ac.id<p><strong>Tujuan</strong> - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pengembangan Karir, Kompensasi, Budaya Organisasi, <em>Work Environment </em>berpengaruh terhadap Loyalitas Karyawan pada PT. Tunas Madukara Indah 2 Wonosobo.</p> <p><strong>Metodologi</strong> – Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT. Tunas Madukara Indah 2 Wonosobo dengan jumlah 553 populasi kemudian Sampel dalam penelitian ini sebanyak 232 sampel diambil dengan menggunakan rumus slovin. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif, uji kualitas data, uji f, uji asumsi klasik, uji hipotesis dengan metode regresi linier berganda, dan uji determinasi.</p> <p><strong>Hasil</strong> - Hasil pada penelitian menunjukkan bahwa variabel pengembangan karir memberikan pengaruh positif signifikan terhadap loyalitas karyawan di PT Tunas Madukara Indah 2 yang dibuktikan dengan nilai thitung 4,324 > ttabel 1,9704. Kompensasi memberikan pengaruh positif secara signifikan terhadap loyalitas karyawan di PT Tunas Madukara Indah 2 yang dibuktikan dengan nilai thitung 12,023 > ttabel 1,9704. Budaya organisasi memberikan pengaruh positif secara signifikan terhadap loyalitas karyawan di PT Tunas Madukara Indah 2 yang dibuktikan dengan nilai thitung 3,498 > ttabel 1,9704. <em>Work Environment</em> juga memberikan pengaruh positif secara signifikan terhadap loyalitas karyawan di PT Tunas Madukara Indah 2 yang dibuktikan dengan nilai thitung 3,969 > ttabel 1,9704.</p> <p><strong>Implikasi</strong> – Memberikan gambaran tentang Pengaruh Pengembangan Karir, Kompensasi, Budaya Organisasi, <em>Work Environment </em>terhadap Loyalitas Karyawan pada PT. Tunas Madukara Indah 2 sehingga perusahaan dapat menentukan kebijakan yang tepat dalam pemberdayaan bidang sumber daya manusia.</p> <p><strong>Orisinalitas</strong> – Penelitian dilakukan pada karyawan PT Tunas Madukara Indah 2 Wonosobo.</p> <p> </p> <p><strong>Kata kunci</strong> : Loyalitas Karyawan, Pengembangan Karir, Kompensasi, Budaya Organisasi, <em>Work Environment</em></p>2025-04-28T13:20:51+07:00##submission.copyrightStatement##https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jamasy/article/view/9177Pengaruh Penerapan Sistem Informasi Akuntansi, Pemahaman Akuntansi berbasis SAK-ETAP, Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Tingkat Pendidikan terhadap Kualitas Laporan Keuangan2025-05-06T14:49:40+07:00Fitria Sa’adatun Ni’mahsuyono.na07@gmail.comNanang Agus Sunyonosuyono.na07@gmail.com<p><strong>Tujuan -</strong> Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan sistem informasi akuntansi, pemahaman akuntansi berbasis SAK ETAP, pemanfaatan teknologi informasi dan tingkat pendidikan terhadap kualitas laporan keuangan. Penelitian ini merupakan pengembangan dari penelitian sebelumnya dengan menambahkan variabel pemanfaatan teknologi informasi dan tingkat pendidikan untuk koperasi simpan pinjam di kabupaten Wonosobo.</p> <p><strong>Metode -</strong> Populasi dalam penelitian ini adalah pengurus koperasi yang berada di bagian laporan keuangan seperti bendahara dan ketua koperasi dengan total 44 koperasi simpan pinjam di kabupaten Wonosobo dengan 88 responden. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Jenis data penelitian ini yaitu dengan data primer dan teknik analisis data menggunakan uji regresi linear berganda.</p> <p><strong>Hasil -</strong> Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sistem informasi akuntansi dan pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh positif terhadap kualitas laporan keuangan, untuk pemahaman akuntansi berbasis SAK ETAP dan tingkat pendidikan berpengaruh negatif terhadap kualitas laporan keuangan.</p> <p><strong>Implikasi -</strong> Dengan adanya penelitian ini diharapkan menjadi informasi tambahan dan masukan bagi koperasi simpan pinjam untuk selalu meningkatkan kualitas laporan keuangannya.</p>2025-04-28T13:21:44+07:00##submission.copyrightStatement##https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jamasy/article/view/8969Manajemen Kebocoran Air Dengan Metode Step Test di Perumda Air Minum Tirta Aji Kabupaten Wonosobo Cabang Balekambang2025-04-28T13:27:45+07:00M. Furqon Hakimfurqonhakim68@yahoo.com<p><strong>Tujuan –</strong> Maksud dari penelitian adalah Bagaimana pembentukan zona dan sub zona sebelum dilakukan step test dan merencanakan zona dengan tujuan agar mempermudah dalam melaksanakan step test dan Penelitian ini juga bertujuan antara lain: Mempelajari kondisi jaringan pipa distribusi di PDAM Tirta Aji Kabupaten Wonosobo Cabang Balekambang. Mempelajari tahap – tahap pembentukan <em>zona</em>. Mempelajari bagaimana merencanakan kegiatan <em>step test</em>. Mempelajari bagaimana melakukan <em>step test</em>. Mempelajari bagaimana menganalisis hasil <em>step test</em>. Mempelajari beberapa alternatif tindakan dalam mengatasi suatu kebocoran. Merencanakan zona dengan tujuan agar mempermudah dalam melaksanakan <em>step test</em></p> <p><strong>Metod</strong><strong>e</strong><strong> - </strong>Perencanaan Step Test dan Penentuan Valve Yang Akan DipakaiDari <em>Zona </em>Balekambang yang terbentuk di wilayah pelayanan PDAM Cabang Balekambang, kemudian direncanakan pembentukan <em>Sub Zona </em>untuk step test. Adapun <em>Sub zona step test </em>tersebut adalah sebagai berikut: Sub Zona Perboto, menurut kriteria yang ada dan dengan memperhatikan aspek geografis serta kondisi di lokasi maka Sub Zona Perboto di bagi menjadi satu kali step. Dalam satu kali step test dilaksanakan 5 kali step. Sub Zona Mangunrejo, menurut kriteria yang ada dan dengan memperhatikan aspek geografis serta kondisi di lokasi maka s<em>ub zona </em>Mangunrejo di bagi menjadi satu kali <em>step</em>. Dalam satu kali <em>step test </em>dilaksanakan 20 <em>kali step</em></p> <p><strong>Hasil </strong>– Analisis contoh hasil step test dilakukan di sub zona Perboto dengan Hasil : Untuk step 1 dikategorikan dalam kebocoran kelas rendah. Untuk step 2 dikategorikan dalam kebocoran kelas rendah. Untuk step 3 dikategorikan dalam kebocoran kelas rendah. Untuk step 4 dikategorikan dalam kebocoran kelas sedang. Untuk step 5 dikategorikan dalam kebocoran kelas tinggi. Untuk step 6 dikategorikan dalam kebocoran kelas tinggi.</p> <p><strong>Implikasi - </strong>Ruang lingkup dari Manajemen kebocoran dengan pembentukan <em>Zona</em><em> dan </em> metode <em>Step Test </em>adalah: Lokasi dilakukan perencanaan yaitu PDAM Tirta Aji Kabupaten Wonosobo Cabang Balekambang. Jenis kebocoran yang dianalisis adalah jenis kebocoran fisik. Menentukan <em>zona step test</em>. Melakukan rancangan analisis hasil <em>step test.</em></p> <p><strong>Orisinilitas - </strong>Untuk mempermudah perencanaan <em>zona </em>dibutuhkan peta jaringan yang lengkap, meliputi panjang pipa, diameter pipa, <em>accessories</em>, toptografi dan juga peta pelanggan. Untuk mempermudah analisis pada saat dilakukan <em>step test </em>maka sebaiknya peta pelanggan dibuat per blok. Peta jaringan sebaiknya selalu diperbaharui sesuai dengan setiap perubahan jaringan baik itu pemasangan baru maupun penambahan pipa pelayanan. Dalam pembentukan <em>Zona </em>dan <em>sub zona </em>sebaiknya memperhatikan hal- hal seperti kondisi geografis, jumlah SR, panjang pipa, diameter pipa, elevasi dan juga jenis konsumen. Pengendalian kebocoran dengan metode <em>step test </em>sebaiknya dilakukan secara berkesinambungan agar kehilangan air dapat selalu terpantau dan dapat segera diperbaiki. Perlu pemasangan <em>water meter </em>sebagai indikator di pipa transmisi jalur Perboto dan Mangunrejo, untuk mempermudah dalam perhitungan baik air yang terdistribusi ke pelanggan maupun kebocoran. Khusus untuk <em>sub zona </em>Perboto dan Mangunrejo sebaiknya dilakukan penambahan pemasangan <em>valve </em>agar memudahkan dalam pengoperasian dan pemeliharaan jaringan. Menganalisis hasil <em>step test </em>dengan membandingkan selisih debit akhir dengan debit awal. Merancang evaluasi dan contoh hasil <em>step test. </em>Tidak menyertakan RAB</p>2025-04-28T13:22:52+07:00##submission.copyrightStatement##https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jamasy/article/view/9191Pengaruh Penggunaan E-Wallet, E-Money Dan Shopee Paylatere Terhadap Perilaku Konsumtif2025-04-29T14:01:12+07:00Khusna Hidayatunni’mahhusnahdn756@gmail.comBahtiar Efendibahtiarefd@unsiq.ac.idEni Candra Nurhayatienicandra@unsiq.ac.id<p><strong>Tujuan</strong> - Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan dompet digital (e-wallet), uang elektronik (e-money), dan layanan bayar kemudian (Shopee PayLater) terhadap perilaku konsumtif santriwati Pondok Pesantren Mahasiswi Unsiq tahun 2024</p> <p><strong>Metode </strong>– Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif Dengan melibatkan 100 responden yang dipilih secara non-probabilitas menggunakan rumus Hair, penelitian ini menemukan bukti empiris bahwa penggunaan ketiga layanan tersebut memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan perilaku konsumtif..</p> <p><strong>Hasil </strong>- hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa kontribusi ketiga variabel tersebut terhadap variasi perilaku konsumtif hanya sebesar 4,1%, sedangkan sisanya dijelaskan oleh faktor lain di luar lingkup penelitian ini.</p> <p><strong>Implikasi</strong> - Penelitian ini menggunakan data perilaku konsumtif santriwati Pondok Pesantren Mahasiswi Unsiq tahun 2024.</p> <p><strong>Orisinalitas</strong> - Makalah ini melihat hubungan beberapa faktor yang mempengaruhi pengaruh penggunaan dompet digita(Nurhayati, 2018b)l (e-wallet), uang elektronik (e-money), dan layanan bayar kemudian (Shopee PayLater) terhadap perilaku konsumtif santriwati Pondok Pesantren Mahasiswi Unsiq tahun 2024.</p>2025-04-29T14:01:12+07:00##submission.copyrightStatement##https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jamasy/article/view/9248Pengaruh Profitabilitas, Cash Holding, Nilai Perusahaan dan Ukuran Perusahaan terhadap Perataan Laba2025-05-14T19:36:40+07:00Mila Nurlita Laelimilanurlitalaeli@gmail.comRomandhon Romandhonromandhon7977@gmail.comSusanti Susantiromandhon7977@gmail.com<p><strong>Tujuan</strong> - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung terhadap profitabilitas secara simultan atau parsial. Kepemilikan kas, nilai perusahaan, dan ukuran perusahaan selama perataan laba pada indeks LQ45 yang tercatat di Bursa Efek Indonesia periode 2021-2023.</p> <p><strong> </strong><strong>Metode</strong> – Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Teknik <em>purposive sampling</em>.</p> <p><strong> </strong><strong>Hasil</strong> - Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemilikan kas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pengurangan variabilitas laba. Secara parsial, profitabilitas perusahaan, nilai perusahaan, dan ukuran perusahaan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan perataan laba. Variabel kepemilikan kas memiliki pengaruh yang signifikan dengan arah negatif. Hal ini menjadi masalah dalam perataan laba.</p> <p><strong> </strong><strong>Implikasi - </strong>Penelitian ini menggunakan 20 sampel perusahaan yang memenuhi kriteria dalam jangka waktu 3 tahun, sehingga akan menghasilkan 60 sampel individu perusahaan dalam indeks LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2021-2023.</p> <p><strong>Orisinilitas –</strong> Makalah ini melihat hubungan beberapa faktor yang mempengaruhi perataan laba perusahaa LQ45 dengan faktor yang mempengaruhi perataan laba perusahaan selain LQ45.</p>2025-04-30T00:00:00+07:00##submission.copyrightStatement##https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jamasy/article/view/9277Pengaruh Kualitas Informasi, Kualitas Sistem, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang2025-05-14T19:30:17+07:00Ratna Wijayantiratnawijayanti@unsiq.ac.idFaisal AzwiAzwifaizal@gmail.comR. Aj Endang P. AprilianiApriliani.yeni@yahoo.com<p><strong>Tujuan -</strong> Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Kualitas Informasi, Kualitas Sistem, dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang pada toko EA Muslim Store Kabupaten Wonosobo.</p> <p><strong>Metode -</strong> Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Non probability sampling dengan metode purposive sampling digunakan untuk mengumpulkan sampel penelitian ini. Sehingga responden dalam penelitian ini adalah 102 yang merupakan pelanggan di toko EA Muslim Store Kabupaten Wonosobo. Analisis regresi berganda digunakan untuk menguji adanya pengaruh antara variabel independen (kualitas informasi, kualitas sistem, dan kualitas pelayanan) terhadap variabel dependen (minat beli ulang).</p> <p><strong>Hasil -</strong> Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas informasi dan kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap minat beli ulang, sedangkan kualitas sistem tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli ulang. Selain itu, kualitas informasi yang baik berpengaruh positif terhadap minat beli ulang, meskipun pengaruhnya tidak sekuat kualitas pelayanan. Dengan mempertahankan kualitas yang bagus dengan informasi dan pelayanan terhadap pelanggan makan dapat meningkatkan minat beli ulang.</p> <p><strong>Orisinalitas -</strong> Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, sehingga dimungkinkan jawaban responden sesuai dengan pemahaman responden dan bersifat subjektif.</p> <p><strong>Implikasi -</strong> Penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini dengan menambahkan variabel dan indikator lain baik mengganti atau menambah variabel lain dan sebagai studi longitudinal seiring berjalannya waktu.</p>2025-04-30T00:00:00+07:00##submission.copyrightStatement##https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jamasy/article/view/9314Pengaruh Green Brand Image Terhadap Green Brand Equity Yang Dimediasi Oleh Green Satisfaction2025-05-20T13:52:29+07:00Indah Larasatiindahlaras106@gmail.comM. Trihudiyatmantotrihudiyatmanto@unsiq.ac.id<p><strong><em>Tujuan -</em></strong><em> Green Brand Equity</em> merupakan gambaran merek yang dapat memberikan nilai pada suatu produk untuk bertanggung jawab pada Iingkungan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara <em>green brand image</em> dengan <em>green brand equity</em> yang dimediasi oleh <em>green satisfaction</em> pada produk Naavagreen Skincare di Kabupaten Wonosobo.</p> <p><strong>Metode -</strong> Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen produk Naavagreen Skincare, sedangkan pengambilan sampel menggunakan metode <em>non-probability sampling</em> dengan teknik <em>purposive sampling</em> dengan beberapa kriteria yang telah ditentukan<em>.</em> Dengan ukuran sampel sebanyak 104 responden, hasil dari perhitungan perkalian indikator menurut pendapat Hair at el. Data dianalisis dengan menggunakan uji kualitas data, model persamaan struktural, uji CFA, uji analisis data SEM, pengujian hipotesis, dan koefisien determinasi.</p> <p><strong>Hasil -</strong> Hasil pengujian penelitian ini menunjukkan bahwa, variabel <em>green brand image</em> berpengaruh positif dan signifikan terhadap <em>green brand equiy</em> yang dimediasi oleh <em>green satisfaction</em> pada konsumen produk Naavagreen Skincare dibuktikan dengan hasil nilai <em>standardized direc effect green brand image</em> dan <em>green brand equity <</em> dari nilai <em>standardized indirec effect green brand image</em> dan <em>green brand equity</em> yaitu 0,572 <1,253<em>.</em></p>2025-04-30T00:00:00+07:00##submission.copyrightStatement##