Pengaruh Sikap Profesional, Motivasi Kerja, Disiplin Kerja Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru
(Studi Kasus Pada SMA Tahakhasus Al-Quran di Wonosobo)
Sikap Profesional, Motivasi Kerja, Disiplin Kerja dan Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru.
Abstract
Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap profesional, motivasi kerja, disiplin kerja dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru (studi kasus pada SMA Tahakhasus Al-Quran di Wonosobo).
Metodologi - Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru di SMA Tahakhasus Al-Quran di wonosobo. Untuk pengambilan sampel menggunakan metode Teknik sensus, sampel dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SMA Tahakhasus Al-Quran di Wonosobo yang memenuhi kriteria tertentu sebagai seorang pengajar dengan jumlah responden 60 guru. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode angket. metode analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi spss v.25.
Hasil - Pengujian terhadap hipotesis, menunjukan bahwa variabel sikap professional dan kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Variabel motivasi kerja dan disiplin kerja tidak berpengaruh terhadap kinerja guru.
Implikasi – Penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan para pemangku kebijakan untuk meningkatkan kinerja para guru.