Efektivitas dan Efisiensi Pelaksanaan Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES)

  • Arum Setiyaningsih Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an, Wonosobo, Indonesia
  • M. Elfan Kaukab Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an, Wonosobo, Indonesia
  • Ahmad Fahmi Nugroho Fakultas Hukum Ekonomi Syariah, UIN K.H. Syaifuddin Zuhri, Purwokerto, Indonesia
Keywords:
Kompetensi Sumber Daya Manusia, Sosialisasi, Manajemen Kontrol Pemanfaatan Teknologi Informasi, Efektivitas dan Efisiensi Pelaksanaan Siskeudes

Abstract

Tujuan -Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh kompetensi sumber daya manusia, sosialisasi, manajemen kontrol dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap efektivitas dan efisiensi pelaksanaan system keuangan desa (SISKEUDES)

Metode-Populasi dalam penelitian ini merupakan kepala desa, bendahara desa dan operator siskeudes. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode Purpossive Samplingyang berjumlah 66 responden. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis regresi linear berganda.

Hasil- Penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi sumber daya manusia, sosialisasi dan pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh terhadap efektivitas dan efisiensi pelaksanaan siskeudes sedangkan manajemen kontrol tidak berpengaruh terhadap efektivitas dan efsisiensi pelaksanaan siskeudes.

Keterbatasan-Jumlah responden yang hanya 66 orang, tentunya masih kurang untuk menggambarkan keadaan yang sesungguhnya. Serta dalam proses pengambilan data, informasi yang diberikan responden melalui kuesioner terkadang tidak menunjukkan pendapat responden yang sebenarnya, hal ini terjadi karena kadang perbedaan pemikiran, anggapan dan pemahaman yang berbeda tiap responden, juga factor lain seperti faktor kejujuran dalam pengisian pendapat responden dalam kuesionernya.

Implikasi-Untuk penelitian menandatang diharapkan dapat menambah lokasi penelitian misalnya tingkat kabupaten agar bias digeneralisasi.Dalam penelitian selanjutnya, disarankan untuk mengambil sampel yang lebih banyak, hal ini bertujuan untuk keakuratan data yang lebih baik dalam penelitiannya.Melakukan penelitian yang berkelanjutan, hal ini agar dapat melihat dan meniliai setiap perubahan perilaku responden dari waktu ke waktu.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-04-19
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 285 times
PDF downloaded = 262 times