Apakah Customer Satisfaction Berpengaruh dalam Repeat Order Konsumen Produk CV. Yuasafood Berkah Makmur?

  • Eti Indria Ningsih Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah di Wonosobo
  • M. Elfan Kaukab Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Muhammad Gilang Maulana Azka Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Muhamad Asif Maulana Akbar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah di Wonosobo
Keywords:
Kualitas Produk, Sales Promotion, Kualitas Layanan, Minat Beli Ulang, Kepuasaan Pelanggan

Abstract

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan peran customer satisfaction dalam repeat order konsumen produk CV. YuasaFood Berkah Makmur.

Metode - Sampel dalam penelitian ini berjumlah 105 responden dengan kriteria pelanggan  yang pernah melakukan pembelian produk CV. YuasaFood sebanyak 3 kali atau lebih. Data diperoleh dari kuesioner yang dibagikan melalui link google form dan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Structural Equation Modelling (SEM) yang dibantu dengan perangkat lunak AMOS versi 22 dan SPSS Statistick versi 17.

Hasil - Hasil menunujukkan bahwa kualitas produk berpengaruh negatif terhadap minat beli ulang. Hipotesis kedua ditolak menunjukkan sales promotion berpengaruh negatif terhadap minat beli ulang. Hipotesis ketiga diterima menunjukkan kualitas layanan berpengaruh positif terhadap minat beli ulang. Hipotesis keempat ditolak menunjukkan kepuasan pelanggan berpengaruh negatif terhadap minat beli ulang. Hipotesis kelima ditolak menunjukkan kualitas produk berpengaruh negatif terhadap kepuasan pelanggan. Hipotesis keenam diterima menunjukkkan sales promotion berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. Hipotesis ketujuh ditolak menunjukkan kualitas layanan berpengaruh negatif terhadap kepuasan pelanggan. Hipotesis kedelapan ditolak menunjukkan kepuasan pelanggan tidak memediasi hubungan antara kualitas produk terhadap minat beli ulang. Hipotesis kesembilan ditolak menunjukkan kepuasaan pelanggan tidak dapat memediasi hubungan sales promotion terhadap minat beli ulang. Hipotesis kesepuluh ditolak menunjukkan kepuasan pelanggna tidak memediasi kualitas layanan terhadap minat beli ulang.

Implikasi - Penelitian ini membantu perusahaan untuk menigkatkan penjualan dapat memberikan informasi dalam menangani masalah Minat Beli Ulang.

Orisinalitas - Penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) berbeda dengan penelitian yang dilakukan sebelumnya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-02-28
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 92 times
PDF downloaded = 61 times