Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Umkm Di Kabupaten Wonosobo

  • Edi Ariyanto Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekomoni dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Wonosobo
  • M. Elfan Kaukab Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekomoni dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Wonosobo
  • Desy Wulandari Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekomoni dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Wonosobo
Keywords:
Kepatuhan Wajib Pajak UMKM, Pemahaman Pajak, Tarif Pajak, Sanksi Pajak, Insentif Pajak.

Abstract

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi kepatuhan wajib pajak UMKM sektor perdagangan pusat oleh-oleh di Kabupaten Wonosobo.

Metode – Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang berjumlah 32 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan puposive sampling. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda.

Hasil - Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman pajak (X1), tarif pajak (X2), sanki pajak (X3), dan insentif pajak (X4) berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM sektor perdagangan pusat oleh-oleh di Kabupaten Wonosobo (Y).

Implikasi - Penelitian ini menggunakan data UMKM sektor perdagangan pusat oleh-oleh di Kabupaten Wonosobo tahun 2017 sampai 2021.

Orisinalitas - Makalah ini melihat hubungan beberapa faktor yang mempengaruhi memengaruhi kepatuhan wajib pajak UMKM sektor perdagangan pusat oleh-oleh dalam rangka mendukung terciptanya peningkatan pendapatan dan pembangunan daerah di Kabupaten Wonosobo.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-08-31
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 143 times
PDF downloaded = 85 times