Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pemahaman Akuntansi
tingkat pemahaman akuntansi, perilaku belajar, kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual, kecerdasan spiritual
Abstract
Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh perilaku belajar, kecerdasan emosional, kecerdasan inteletual dan kecerdasan spiritual terhadap tingkat pemahaman akuntansi.
Metode - Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi Universitas Sains Al-Qur’an angkatan 2018 dan angkatan 2019. Responden yang dipilih menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 136 responden.
Hasil - Hasil penelitian menunjukkan perilaku belajar, kecerdasan intelektual dan kecerdasan spiritual berpengaruh positif terhadap tingkat pemahaman akuntansi akan tetapi pengaruh kecerdasan emosional berpengaruh negatif terhadap tingkat pemahaman akuntansi.
Implikasi – Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi Universitas Sains Al-Qur’an Wonosobo.
Orisinalitas - Makalah ini melihat hubungan beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat pemahaman akuntansi