Determinan Keberhasilan UMKM Berbasis Ekonomi Kreatif

(Studi Empiris Pada UMKM Ekonomi Kreatif Di Kabupaten Wonosobo)

  • Khusnul Khotimah Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ)
  • Kurniawati Mutmainah Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ)
  • Romandhon Romandhon Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ)
Keywords:
informasi akuntansi, modal usaha, umur usaha, karakteristik wirausaha, inklusi keuangan, keberhasilan UMKM berbasis ekonomi kreatif

Abstract

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh penggunaan informasi akuntansi, modal usaha, umur usaha, karakteristik wirausaha dan inklusi keuangan terhadap keberhasilan UMKM berbasis ekonomi kreatif di Kabupaten Wonosobo.

Metodologi- Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh UMKM berbasis ekonomi kreatif di Kabupaten Wonobobo yang berjumlah 151 UMKM. Sampel penelitian berjumlah 89 UMKM yang terdaftar di Mall Ekonomi Kreatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dengan cara membagikan kuesioner secara langsung pemilik UKMK berbasis ekraf. Teknik analisis data  menggunakan regresi linier berganda.

Hasil- Hasil penelitian ini membuktikan bahwa  penggunaan informasi akuntansi, modal usaha,  umur usaha, karakteristik wirausaha, dan inklusi keuangan berpengaruh positif terhadap keberhasilan UMKM berbasis ekonomi kreatif

Implikasi- Bagi UMKM, hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan penggunaan informasi akuntansi, memaksimalkan penggunaan modal, meningkatkan inklusi keuangan dalam bentuk penggunaan informasi dan layanan keuangan.

Orisinalitas- Penelitian ini menggunakan sampel UMKM berbasis ekonomi kreatif yang merupakan usaha dengan mengedepankan peranan kekayaan intelektual atau pengetahuan, dan lebih bertumpu kepada keunggulan sumber daya manusia.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-20
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 113 times
PDF downloaded = 226 times