PRICE DISCOUNT, BONUS PACK, IN-STORE DISPLAY DAN FINANCIAL ATTITUDE SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN IMPULSE BUYING BEHAVIOR KONSUMEN

Studi Kasus pada Generasi Z Pengunjung Rita Pasaraya Wonosobo

  • Serli Nur Safitri Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ)
  • Kurniawati Mutmainah Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ)
Keywords:
Impulse buying behavior, Price discount, Bonus pack, In store display, financial attitude

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh price discount, bonus pack, in store display dan financial attitude terhadap perilaku impulse buying. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 generasi Z yang merupakan pengunjung Rita Pasaraya Wonosobo dan didapat melalui teknik purposive sampling.Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini membuktikan price discount, bonus pack  dan in store display berpengaruh positif terhadap perilaku impulse buying, financial attitude tidak berpengaruh terhadap perilaku impulse buying.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, Kadafi. 2017. ‘Pengaruh Price Discount Dan In-Store Display Terhadap Impulse Buying’ 19 (2).
Anggraini, Yola. 2020. ‘Pengaruh Financial Knowledge, Financial Attitude, Locus Of Control Dan Financial Self Efficacy Terhadap Financial Management Behavior Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau’.
Astuti, Widuri Dwi, dan Retor Aquinaldo Wirabuanaputera Kaligis. 2021. ‘Pengaruh Promosi Buku Penerbit Mediakita Di Instagram Terhadap Proses Keputusan Pembelian Generasi Z’. Jurnal Ilmu Komunikasi 18 (1): 19–34.
Baskara, Indra Bayu. 2015. ‘Pengaruh Potongan Harga (Discount) Terhadap Pembelian Tidak Terencana (Impulse Buying)(Studi Pada Pengunjung Matahari Department Store Johar Plaza Jember)’. Manajemen Bisnis 5 (2).
Fatimah, Febi, dan R Deni Muhammad Danial. 2019. ‘Analisis Perataan Laba Pada Perusahaan Industri Makanan Dan Minuman’. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis 20 (2): 19–29.
Fiana, Ella, dan Juli Meliza. 2022. ‘Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Penjualan Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas Tiga Perusahaan Ritel Indonesia Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia’. CIVITAS: Jurnal Studi Manajemen 4 (1).
Hereyah, Yoyoh, dan Mellya Sari. 2020. ‘Pengaruh Sales Promotion Cashback Point Di Tokopedia Terhadap Perilaku Impulse Buying Konsumen Milenial’. Digitalisasi Dan Humanisme Dalam Ekonomi Kreatif, 27.
Hikmah, Nurul, dan Kurniawati Mutmainah. 2021. ‘Determinan Prediksi Kebangkrutan Dengan Metode Altman Z-Score’. Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE) 3 (1): 16–28.
Irawan, Roy. 2018. ‘Prosedur Administrasi Penjualan Pada Usaha Jaya Teknika Jakarta Barat’. Jurnal Perspektif 16 (1): 26–30.
Izmy, Fahmi Faizal, Ronny Malavia Mardani, dan Nurhidayah Nurhidayah. 2022. ‘Pengaruh Shopping Lifestyle Dan Fashion Involvement Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Pada E-Commerce Tokopedia (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Islam Malang)’. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen 11 (13).
Julisa, Citra Rahayu Intan. 2020. ‘Pengaruh Price Discount Dan Bonus Pack Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen Matahari Department Store Ujung Berung Town Square’. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Laipaka, Robertus. 2021. ‘Mobile Retailing: Pemanfaatan Mobile Apps Untuk Berbelanja Online’. Jurnal VOI (Voice Of Informatics) 10 (1): 31–42.
Mahmud Machfoedz. 2007. Pengantar Bisnis Modern. Yogyakarta : Andi Offset.
Maulidasari, Cut Devi, dan Damrus. 2020. ‘Pengaruh Bauran Pemasaran Eceran ( Retail Marketing Mix ) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Indomaret Lueng Bata Banda’. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen 4: 104–14.
Meidasari, Evi, dan Siti Khoirina. 2021. ‘Pengaruh Pembelian Price Discount, Bonus Pack Dan In-Store Display Terhadap Keputusan Impulsebuying Produk Susu Di Hypermart Bandar Lampung’. Jurnal Administrasi Sosial Dan Humaniora 4 (2): 63–70.
Rachmawati, Dewi. 2019. ‘Welcoming Gen Z In Job World ( Selamat Datang Generasi Z Di Dunia Kerja)’. Proceeding Indonesia Career Center Network Iv: 21–24.
Samma, S.M.A.K. 2021. ‘Pengaruh Price Discount, Bonus Pack, Dan In-Store Display Terhadap Keputusan Impulse Buying Behavior Konsumen Pada Hypermart Mall Panakkukang Makassar’.
Sara, Khuzaimah. 2019. ‘Pengaruh Financial Knowledge , Financial Attitude , Financial Experience , Income Dan Tingkat Pendidikan Terhadap Financial Behavior Pada Pegawai PT . Angkasa Pura Ii ( PERSERO ) Kantor Cabang Bandara Internasional Kualanamu’. Skripsi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Sumatera.
Sari, Della Ruslimah, dan Ikhwan Faisal.2018. Fakultas Ekonomi, Universitas Lambung Mangkurat. ‘Jurnal Sains Manajemen . 2 (1).
Sari, Devid Ulva. 2017. ‘Pengaruh Price Discount, Sales Promotion, Dan In-Store Display Terhadap Keputusan Impulse Buying Pada PT. Matahari Departement Store Tbk. Panakkukang Makassar’. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Sonata, Ilham. 2019. ‘Pengaruh Price Discount Dan In-Store Display Terhadap Keputusan Impulse Buying Pada Produk Miniso’. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (Jrmb) 4 (1): 46–53.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Suhartini, I Y, R Rodhiyah, dan S Listyorini. 2016. ‘Pengaruh Shopping Lifetyle, Fashion Involvement, Dan Hedonic Shopping Motivation Terhadap Impulse Buying’. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis 5 (1): 1–10.
Themba, Orfiyanny S, dan Stiem Bongaya. 2019 ‘Price Discount , Sales Promotion Dan Bonus Pack Terhadap Impulse Buying Pada PT Matahari Departement Store Makassar’, 168–75.
Utami, Binar. 2016. ‘“Impulse Buying Dengan Emosi Positif Sebagai Variabel Perantara ( Studi Kasus Pada Pelanggan Di Ambarukmo Plaza Yogyakarta )”’. Skripsi, 23.
Wilujeng, Sri. 2017. ‘Pengaruh Price Discount Dan Bonus Pack Terhadap Impulse Buying Konsumen Indomaret Di Kecamatan Sukun Kota Malang’. Journal FEB Universitas Kanjuruhan Malang, 457–69.
Wiratna Sujarweni. 2015. Metodologi Penelitian Bisnis Ekonomi / V. Yogyakarta: Yogyakarta Pustaka Baru.
Published
2023-04-30
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 405 times
PDF downloaded = 322 times