Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Makanan Dan Minuman Di Kecamatan Wonosobo

  • Romandhon Romandhon Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Abdulloh Taqwim Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah di Wonosobo
Keywords:
Pengetahuan Akuntansi, Latar Belakang Pendidikan, Pengalaman Usaha, Skala Usaha, Umur Perusahaan, Penggunaan Informasi Akuntansi

Abstract

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel pengetahuan akuntansi, latar belakang pendidikan, pengalaman usaha, skala usaha dan umur perusahaan terhadap penggunaan informasi akuntansi UMKM di Kecamatan Wonosobo.

Metode - Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling, sehingga diperoleh sampel sejumlah 95 responden.

Hasil - penelitian menunjukkan pengetahuan akuntansi berpengaruh terhadap penggunaan informasi akuntansi, latar belakang pendidikan berpengaruh terhadap penggunaan informasi akuntansi, pengalaman usaha tidak berperngaruh terhadap penggunaan informasi akuntansi, skala usaha berpengaruh terhadap penggunaan informasi akuntansi dan umur perusahaan berpengaruh terhadap penggunaan informasi akuntansi.

Implikasi - Populasi dalam penelitian ini adalah UMKM Makanan dan minuman yang terdaftar di Kecamatan Wonosobo pada tahun 2021 sejumlah 1578 UMKM.

Orisinalitas – Penelitian ini melihat faktor- faktor yang berhubungan dengan penggunaan informasi akuntansi

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-10-06
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 225 times
PDF downloaded = 177 times