Peran Sistem Pengendalian Internal dalam Meningkatkan Kualitas Laporan Keuangan OPD Kabupaten Wonosobo
Sistem Informasi Akuntansi, Kompetensi SDM, Good Government Governance, Kualitas Laporan Keuangan, Sistem Pengendalian Internal
Abstract
Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem informasi akuntansi, kompetensi SDM, dan good government governance terhadap kualitas laporan keuangan dengan sistem pengendalian internal sebagai variabel moderating.
Metodologi - Populasi dalam penelitian ini adalah Kepala Sub Bagian Keuangan dan staf sub bagian akuntansi yang ada di 25 OPD Kabpaten Wonosobo. Pengambilan sampel menggunaka metode purposive sampling yang berjumlah 46 responden. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dan Moderated Regression Analysis (MRA).
Hasil - Penelitian analisis regresi berganda menunjukkan bahwa sistem informasi akuntansi, kompetensi SDM dan good government governance berpengaruh positif terhadap kualitas laporan keuangan. Analisis regresi moderasi menunjukkan bahwa sistem pengendalian internal memoderasi sistem indormasi akuntansi dan good government governance terhadap kualitas laporan keuangan, sedangkan sistem pengendalian internal tidak memoderasi kompetensi SDM terhadap kualitas laporan keuangan.
Implikasi - Memberikan informasi yang bermanfaat bagi pegawai yang terlibat dalam penyusunan laporan keuangan agar lebih mengerti dan memahami dan merupakan salah satu bentuk implementasi yaitu dengan adanya akuntabilitas (pertanggungjawaban) atas pengelolaan sistem informasi akuntansi dan sistem pengendalian internal yang ditujukan kepada pemerintah daerah untuk mempertanggungjawabkan keberhasilan atau kegagalan pelaksanaan tugas organisasi. Sehingga mendorong pemerintah untuk melakukan yang terbaik dalam rangka mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan sebelumnya.
Originalitas - Penambahan variabel kompetensi SDM dan objek yang digunakan sebagai tempat penelitian, dimana penelitian ini dilakukan pada OPD Kabupaten Wonosobo.