Studi Empiris Perilaku Impulse Buying pada Pengguna Shopee

  • Jony Hidayat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah di Wonosobo
  • M. Elfan Kaukab UNIVERSITAS SAINS AL-QUR'AN WONOSOBO
  • Muhammad Gilang Maulana Azka Magister Manajemen, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Indonesia
  • Muhamad Asif Maulana Akbar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah di Wonosobo
Keywords:
Hedonic Shopping Motivation, Promotion, Shopping Lifestyle, Impulse Buying

Abstract

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan Pengaruh Hedonic Shopping Motivation, Promotion dan Shopping Lifestyle terhadap Perilaku Impulse Buying.

Metode – Menggunakan metode kuantitatif dengan populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Manajemen FEB UNSIQ Wonosobo yang menggunakan Aplikasi Shopee. Pengambilan sempel menggunakan teknik Nonprobality Sampling dengan teknik Convenience Sampling dengan jumlah sampel 100 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.

Hasil - Hasil penelitian ini berdasarkan uji t parsial (Uji T) bahwa Hedonic Shopping Motivation memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Sedangkan thitung 10.224 > ttabel 1,98472, artinya Hedonic Shopping Motivation berpengaruh terhadap Impulse Buying. Promotion terhadap Impulse Buying memiliki nilai 0,012 < 0,05. Sedangkan untuk thitung -2.564 < ttabel 1,98472. artinya Promotion tidak berpengaruh terhadap Impulse Buying. Shopping Lifestyle terhadap Impulse Buying memliki nilai 0.001 < 0,05. Sedangkan thitung 3.388 > ttabel 1,98472, artinya Shopping Lifestyle memiliki pengaruh terhadap Impulse Buying.

Implikasi – Penelitian ini membantu perusahaan dalam usahanya untuk meningkatkan penjualan melalui informasi mengenai perilaku Impulse buying konsumen.

Orisinalitas – Penelitian ini dilakukan pada Mahasiswa Manajemen Angkatan 2019-2013 dalam penggunaannya berbelanja menggunakan Aplikasi Shopee.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-02-29
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 78 times
PDF downloaded = 58 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>