Pengembangan Konsep Keadilan Restoratif Merek dan Perannya Sebagai Mediator dalam Pengaruh Hubungan Persepsi Kecocokan Terhadap Evaluasi Merger Merek: Studi Kasus Merger Merek Gojek-Tokopedia di Indonesia
keadilan restoratif merek, persepsi kecocokan, evaluasi merger merek, conceptual paper.
Abstract
Tujuan - Artikel ini merupakan sebuah agenda penelitian yang bertujuan untuk mengetahui mekanisme yang menjembatani antara pengaruh persepsi kecocokan terhadap evaluasi merger merek di perusahaan jasa transportasi yang melakukan merger dengan perusahaan non transportasi menggunakan konsep keadilan restoratif merek .
Metodologi – Melakukan metaanalisis teori ekuitas merek dan teori keadilan.
Hasil – Menghasilkan kebaruan dalam hal menggunakan teori merger merek dan merger organisasi bersama-sama, kombinasi variabel yang digunakan berbeda dari penelitian merek pada umumnya, menggunakan variabel keadilan restoratif merek yang belum pernah diteliti. Pendekatan ini berkontribusi pada pengembangan teori merger merek dalam literatur.
Implikasi - Kegunaan praktis Hasil penelitian ini memberikan manfaat yang menguntungan bagi strategi merek perusahaan yang mempertimbangkan untuk melakukan merger merek.
Originalitas - Penelitian ini mengungkapkan evaluasi merger merek secara lebih detail, sehingga memberikan gambaran baru mengenai merger merek, dengan mempertimbangkan jangkauan keadilan restoratif merek serta pemicunya yang terlibat dengan keadilan restoratif merek.