Konsep SQ: Kecerdasan Spiritual Menurut Danah Zohar Dan Ian Marshal Dan Relevansinya Terhadap Tujuan Pembelajaran PAI
DOI:
https://doi.org/10.32699/paramurobi.v6i1.4853Kata Kunci:
Kecerdasan spiritual, Danah Zohar, Ian Marshal, Pendidikan Agama IslamAbstrak
Dalam khazanah literasi pendidikan Indonesia buku“(SQ) Kecerdasan Spiritual”, ini merupakan sebuah karya tulis buku kategori psikologi-populer hasil dari pemikiran dan perenungan seorang tokoh psikolog Danah Zohar dan Ian Marshal yang nantinya akan di hadirkan pada nilai- nilai metode pendidikan islam yang transenden kepada peserta didik. Perlu kita ketahui bahwa metode pendidikan Islam yang sebenarnya adalah guna mencetak generasi ke generasi agar selalu menuju insan kamil yang berbudi dan cerdas, yang kemudian juga seluruh potensi kecerdasanya sebagai fitrah manusia dapat tumbuh secara optimal. Namun tragedinya di pendidikan kita saat ini pendidikan Islam hanya sekedar metode untuk meninggikan kecerdasan intelektual (IQ) saja, dalam hal yang sama hanya berkutat pada transfering of knowledge belaka di level praksis. Berkaitan dengan metode pendidikan Islam, ini adalah tentang mendorong peserta didik yang cerdas beragama. Namun dalam artian siswa tidak mengalami kemerosotan moral, anak yang menggunakan metode ini memiliki pola pikir monoteistik (integralis) dan mampu mengaitkan sikap dan tindakan dalam kehidupan sehari-hari.
Referensi
Ary Ginanjar Agustian, 2001. 'Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan'. Jakarta: Arga.
Azis, Rosmiati, 2019.‘Hakikat & Prinsip Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam’. Jurnal Inspiratif Pendidikan, Vol.8, No.2.
Islam, 2016. Jurnal Kajian: ‘AL-QALAM AL-QALAM’, Vol.8, No.2.
Salafudin. ‘Kecerdasan Spiritual Dan Hubungannya Dengan Penerapan Nilai-Nilai Kejujuran Siswa' Skripsi Sarjana: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, Universitas Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2010 M / 1431 H.
Juliansayah Noor,2011. 'Metodologi Pelelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi Dan Karya Ilmiah' Jakarta: Prenamedia Group.
Mahmud, Muhammad Daud. 2020. ‘Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Emosional, Dan Spiritual Terhadap Pemahaman Akuntansi’, Jurnal Bisnis Dan Akuntansi, 22. No.1.
Marshal, Danah Zohar dan Ian, 2000. 'SQ: Kecerdasan Spiritual'. Bandung: Mizan.
Matwaya, Arin Muflichatul. 2002. ‘Konsep Spiritual Quotient Menurut Danah Zohar Dan Ian Marshall Dalam Perspektif Pendidikan Islam’, Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3. No.2.
Muhammadiyah, "Konsep Kecerdasan Spiritual Menurut Danah Zohar DAan Ian Marshal dalam Tujuan Pendidikan". Skripsi Sarjana. Fakultas Agama Islam Universitas Palembang, 2012.
Nugroho, Arndan, 2015.‘Pengaruh Kecerdasan Spiritual Terhadap Pengendalian Diri Siswa Di Mts Maarif Muntilan’. Jurnal Pendidikan Anak, 3. No.4.
Qowim, Agus Nur, 2011.‘Metode Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur’an’, IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3, No.01.
Rais, Amin. "Pengembangan Kecerdasan Spiritual", ‘E-ISSN: 2540-8348 p-ISSN: 2088-3390.
Ramayulis, 2009. "Filsafat Pendidikan Islam Telaah Sistem Pendidikan Dan Pemikiran Para Tokohnya". Jakarta: Kalam Mullia
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Pemberitahuan Hak Cipta
1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi (menyalin dan mendistribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun), dan menyesuaikan (mencampur, mengubah, dan membangun di atas bahan) karya untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2. Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi dalam jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
