PENDIDIKAN KARAKTER TINJAUAN PSIKOLOGI DAN ISLAM

  • Sri Haryanto Program Studi Pendidikan Islam AUD Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah, Wonosobo, Indonesia
Keywords:
Education, Character, Psychology, Islam

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskiprsikan pendidikan karakter dalam tinjauan psikologis dan Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan, dengan melakukan analisis isi terhadap literatur-literatur yang berhubungan dengan pendidikan karakter tinjauan psikologi dan Islam. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan pola reduksi data yang terkait dengan pendidikan karakter, kemudian menyajikannya secara sistematis dan dianalisis secara deskriptif-interpretatif dengan perspektif psikologis. Setiap ajaran Islam memiliki dasar pemikiran, begitupun dengan pendidikan karakter. Dasar pendidikan karakter dalam Islam adalah Quran dan Hadis. Karakter Islam adalah karakter yang memelihara eksistensi manusia sebagai makhluk bio-psiko-spiritual-religius, mahluk yang dilahirkan dengan membawa potensi fitrah. Secara teoritik, pendidikan karakter Islam berbeda dengan pola pendidikan karakter yang dikembangkan di dunia barat. Inti perbedaannya adalah keberadaan pesan Tuhan sebagai dasar pendidikan karakter, sehingga pendidikan karakter lebih sering dilakukan secara doktriner dan dogmatis, sehingga pola implementasi pendidikan karakter dalam Islam cenderung lebih pada teaching right and wrong. Disamping itu, implementasi dan aktualisasi pendidikan karakter juga dituntut untuk memperhatikan kondisi psikologis dan tahapan perkembangan anak didik, sehingga pelaksanaan pendidikan karater dapat mencapai tujuan yang diharapkan.”

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abd. Yatimi. (2007). Studi Akhlak dalam Perspektif Al-Qur’an, Jakarta: Amzah.
Aziz, Hamka Abdul. (2011). Pendidikan Karakter Berpusat Pada Hati, Jakarta: Al-Mawardi Prima
Buchori, Mochtar. (2011). Character Building dan Pendidikan Kita. Kompas.
Hidayatullah, Furqon. (2010). Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.
Husain, Said Aqil. (2003). Aktualisasi Nilai-nilai Qur’ani dalam Sistem Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press.
Majid, Abdul, et.al. (2010). Pedidikan karakter dalam perspektif Islam. Bandung: Insan Cita Utama.
Mu’in, Fatchul. (2011). Pedidikan karakter kontruksi teoritik dan praktek. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Mustofa. (1987). 150 Hadits-Hadits Pilihan: Untuk Pembinaan Akhlak dan Iman. Surabaya: Al-Ikhlash.
Nata, Abudin. (2013). Kapita Selekta Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Shihab, Quraish. (2002). Tafsir al-Misbah: pesan, kesan dan keserasian al-Qur'an. Vol. 14. Jakarta: Lentera Hati.
Published
2021-06-10
How to Cite
Haryanto, Sri. 2021. PARAMUROBI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 4 (1), 173-79. Accessed November 3, 2024. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/paramurobi.v4i1.3284.

STATISTICS

Abstract viewed = 333 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 132 times