PENDIDIKAN KARAKTER TINJAUAN PSIKOLOGI DAN ISLAM
Education, Character, Psychology, Islam
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mendeskiprsikan pendidikan karakter dalam tinjauan psikologis dan Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan, dengan melakukan analisis isi terhadap literatur-literatur yang berhubungan dengan pendidikan karakter tinjauan psikologi dan Islam. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan pola reduksi data yang terkait dengan pendidikan karakter, kemudian menyajikannya secara sistematis dan dianalisis secara deskriptif-interpretatif dengan perspektif psikologis. Setiap ajaran Islam memiliki dasar pemikiran, begitupun dengan pendidikan karakter. Dasar pendidikan karakter dalam Islam adalah Quran dan Hadis. Karakter Islam adalah karakter yang memelihara eksistensi manusia sebagai makhluk bio-psiko-spiritual-religius, mahluk yang dilahirkan dengan membawa potensi fitrah. Secara teoritik, pendidikan karakter Islam berbeda dengan pola pendidikan karakter yang dikembangkan di dunia barat. Inti perbedaannya adalah keberadaan pesan Tuhan sebagai dasar pendidikan karakter, sehingga pendidikan karakter lebih sering dilakukan secara doktriner dan dogmatis, sehingga pola implementasi pendidikan karakter dalam Islam cenderung lebih pada teaching right and wrong. Disamping itu, implementasi dan aktualisasi pendidikan karakter juga dituntut untuk memperhatikan kondisi psikologis dan tahapan perkembangan anak didik, sehingga pelaksanaan pendidikan karater dapat mencapai tujuan yang diharapkan.”
Downloads
References
Aziz, Hamka Abdul. (2011). Pendidikan Karakter Berpusat Pada Hati, Jakarta: Al-Mawardi Prima
Buchori, Mochtar. (2011). Character Building dan Pendidikan Kita. Kompas.
Hidayatullah, Furqon. (2010). Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.
Husain, Said Aqil. (2003). Aktualisasi Nilai-nilai Qur’ani dalam Sistem Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press.
Majid, Abdul, et.al. (2010). Pedidikan karakter dalam perspektif Islam. Bandung: Insan Cita Utama.
Mu’in, Fatchul. (2011). Pedidikan karakter kontruksi teoritik dan praktek. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Mustofa. (1987). 150 Hadits-Hadits Pilihan: Untuk Pembinaan Akhlak dan Iman. Surabaya: Al-Ikhlash.
Nata, Abudin. (2013). Kapita Selekta Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Shihab, Quraish. (2002). Tafsir al-Misbah: pesan, kesan dan keserasian al-Qur'an. Vol. 14. Jakarta: Lentera Hati.
Copyright Notice
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format), and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).