PENDIDIKAN KARAKTER TINJAUAN PSIKOLOGI DAN ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.32699/paramurobi.v4i1.3284Kata Kunci:
Pendidikan, Karakter, Psikologi, IslamAbstrak
Penelitian bertujuan untuk mendeskiprsikan pendidikan karakter dalam tinjauan psikologis dan Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan, dengan melakukan analisis isi terhadap literatur-literatur yang berhubungan dengan pendidikan karakter tinjauan psikologi dan Islam. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan pola reduksi data yang terkait dengan pendidikan karakter, kemudian menyajikannya secara sistematis dan dianalisis secara deskriptif-interpretatif dengan perspektif psikologis. Setiap ajaran Islam memiliki dasar pemikiran, begitupun dengan pendidikan karakter. Dasar pendidikan karakter dalam Islam adalah Quran dan Hadis. Karakter Islam adalah karakter yang memelihara eksistensi manusia sebagai makhluk bio-psiko-spiritual-religius, mahluk yang dilahirkan dengan membawa potensi fitrah. Secara teoritik, pendidikan karakter Islam berbeda dengan pola pendidikan karakter yang dikembangkan di dunia barat. Inti perbedaannya adalah keberadaan pesan Tuhan sebagai dasar pendidikan karakter, sehingga pendidikan karakter lebih sering dilakukan secara doktriner dan dogmatis, sehingga pola implementasi pendidikan karakter dalam Islam cenderung lebih pada teaching right and wrong. Disamping itu, implementasi dan aktualisasi pendidikan karakter juga dituntut untuk memperhatikan kondisi psikologis dan tahapan perkembangan anak didik, sehingga pelaksanaan pendidikan karater dapat mencapai tujuan yang diharapkan.”
Referensi
Aziz, Hamka Abdul. (2011). Pendidikan Karakter Berpusat Pada Hati, Jakarta: Al-Mawardi Prima
Buchori, Mochtar. (2011). Character Building dan Pendidikan Kita. Kompas.
Hidayatullah, Furqon. (2010). Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.
Husain, Said Aqil. (2003). Aktualisasi Nilai-nilai Qur’ani dalam Sistem Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press.
Majid, Abdul, et.al. (2010). Pedidikan karakter dalam perspektif Islam. Bandung: Insan Cita Utama.
Mu’in, Fatchul. (2011). Pedidikan karakter kontruksi teoritik dan praktek. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Mustofa. (1987). 150 Hadits-Hadits Pilihan: Untuk Pembinaan Akhlak dan Iman. Surabaya: Al-Ikhlash.
Nata, Abudin. (2013). Kapita Selekta Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Shihab, Quraish. (2002). Tafsir al-Misbah: pesan, kesan dan keserasian al-Qur'an. Vol. 14. Jakarta: Lentera Hati.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Pemberitahuan Hak Cipta
1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi (menyalin dan mendistribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun), dan menyesuaikan (mencampur, mengubah, dan membangun di atas bahan) karya untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2. Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi dalam jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
