PERAN KIAI DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL (SQ) SANTRI PONDOK PESANTREN AL I’ANAH WONOSOBO
DOI:
https://doi.org/10.32699/paramurobi.v4i2.2362Kata Kunci:
peran, kiai, kecerdasan spiritual.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui peran kiai dalam meningkatkan kecerdasan spiritual santri pondok pesantren al i’anah, 2) mengetahui strategi kiai dalam meningkatkan kecerdasan spiritual santri pondok pesantren al i’anah, 3) mengetahui faktor apa saja yang menjadi penghambat kiai dalam meningkatkan kecerdasan spiritual santri pondok pesantren al i’anah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data memakai observasi, interview dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi dan teknik analisis data menggunakan analisis interaktif miles dan huberman dengan tahapan antara lain koleksi data, reduksi data, display data dan verifikasi atau kesimpulan. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa peran kiai dalam meningkatkan kecerdasan spiritual berupa kiai sebagai pengaush pondok, kiai sebagai guru, dan kai sebagi orang tua kedua setelah orang tua kandung. Strategi kiai dalam menngkatkan kecerdasan spiritual santri antara lain memberi wawasan melalui kegiatan keagamaan seperti mengaji, mujahadah, membaca al qur’an dan ziarah kubur serta bila ada kesalahan maka akan ada teguran buat santri.
Referensi
Agustian, Ary Ginanjar, 2001, Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi Dan Spiritual ESQ Berdasarkan 6 Rukun Iman Dan 5 Rukun Islam, Jakarta: Arga.
Sunar P, Dwi, 2010, Edisi Lengkap Tes IQ,EQ& SQ: Cara Mudah Mengenali Dan Memahami Kepribadian Anda Jakarta: Flashbooks.
Faisal Kamal dan Mukromin, 2019, Modernisme Pondok Pesantren Sebagai Institusi Pendidikan Islam Non Dikotomik, Jurnal Paramurobi, Vol. 1, No. 2, Juli-Desember, hlm. 14.
Kamal, Faisal, 2018, Isu-Isu Kontemporer Dalam Konstruksi Pembaharuan Pesantren, Jurnal Paramurobi, Vol. 1, No. 1,
------------------, 2018, Transformasi Pendidikan Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam Abad Ke-21, Junral Paramurobi, Vol. 1, No. 2.
------------------, 2021, Charismatic Leadership: Peranan, Pemikiran & Pandangan Hidup KH. Muntaha Wonosobo, Wonosobo: Bimalukar Kreativa,.
Kompri, 2018, Manajemen & Dan Kepemimpinan Pondok Pesantren, Jakarta: Prenamedia Group.
Suyatno, M., 2006, Revolusi Organisasi Dengan Memberdayakan Kecerdasan Spiritual: Belajar Dari Kesuksesan Dan Kegagalan Organisasi Top Dunia, Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Roqib, Moh., 2009, Ilmu Pendidikan Islam: Pengembangan Pendidikan Integratif Di Sekolah, Keluarga, Dan Masyarakat,Yogyakarta: Lkis Yogyakarta.
Madhi, Salim Bin, 2016, Smart Creative Parenting, Sukoharjo: As-Salam Publishing.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Pemberitahuan Hak Cipta
1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi (menyalin dan mendistribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun), dan menyesuaikan (mencampur, mengubah, dan membangun di atas bahan) karya untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2. Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi dalam jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
