IMPLEMENTATION OF MADRASAH BASED MANAGEMENT IN MTs AR RISALAH KEPIL

  • Hawin Amrina Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UNSIQ Jawa Tengah
  • Maryono Maryono Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UNSIQ Jawa Tengah
Keywords:
Madrasah Based Management, Educational Policy, educational innovation

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) untuk mengetahui implementasi manajemen
berbasis madrasah, 2) dampak penerapan manajemen berbasis madrasah, 3) faktor pendukung
dan hambatan implementasi manajemen berbasis madrasah di MTs Ar Risalah Kepil Wonosobo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena penelitian kualitatif mencoba
menggambarkan suatu kenyataan dengan fakta yang sesuai. Subjek penelitian seperti kepala
sekolah, guru, komite sekolah, siswa dan para pemangku kepentingan. Teknik pengumpulan
data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Dan analisis data menggunakan
analisis interaktif miles dan huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan
manajemen berbasis madrasah meliputi manajemen kurikulum dan pengajaran, manajemen
tenaga pendidik dan pendidikan, manajemen keuangan dan penganggaran, dan manajemen
hubungan sosial. Dampak penerapan manajemen berbasis sekolah berpengaruh terhadap proses
kegiatan belajar mengajar, kebijakan kepala sekolah MTs Ar Risalah menjadi titik awal dalam
menentukan kemajuan suatu lembaga. Faktor dukungan dalam implementasi manajemen
berbasis Madrasah seperti peran kepala sekolah dalam membuat kebijakan yang terkait dengan
pembelajaran, staf pendidikan, infrastruktur, peran komite sekolah dan partisipasi masyarakat.
Kemudian faktor kelemahannya seperti di bawah ini adalah lemahnya keterampilan manajerial,
minimnya infrastruktur dan ketidakcocokan kompetensi pendidik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmadi, Abu & Cholid Nurbuko, 2003
Metodelogi Penelitian, Jakarta : Bumi
Aksara.
Al Barry, M.Dahkan &Pius A Partono, 1994,
Kamus Ilmiah Populer, Yogyakarta :
Arkola.
Ali, Muhammad,2013, Penelitian Kependidikan
Prosedur & Strategi, Bandung : CV
Angkasa.
Arikunto, Suharsimi dkk, 2016, Penelitian
Tindakan Kelas, Jakarta : Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi, 2002, Prosedur Penelitian:
Suatu Pendekatan Praktek,Jakarta:
Rineka Cipta.
Bungin, Burhan,2007,Metodologi Penelitian
Kualitatif,Jakarta: Raja Grafindo
Persada.
Danim ,Sudarwan, 2008, Visi Baru Manajemen
Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara.
Danim, Sudarwan &Suparno, 2009, Manajemen
dan Kepeminpinan Transformasional
Kekepalasekolahan, Jakarta :Reneka
Cipta.
Gojali, Imam &Umiarso,2010,Manajemen
Mutu Sekolah, di era Otonomi
Pendidikan,Jokjakarta : IRCiSuD
Halimah, Siti,2010,Telaah Kurikulum, Medan:
Perdana Publishing.
Iskandar, 2010, Metodologi Penelitian
Pendidikan & Sosial- Kuantitafif dan
Kualitatif ,Jakarta: Gaung Persada Press
Jahari, Jaja & Amirulloh Syarbini, , 2013,
Manajemen Berbasis Madrasah Teori,
Strategi, dan Implementasi, Bandung :
ALFABETA.
Kunandar,, 2016, Langkah Mudah Penelitian
Tindakan Kelas, Jakarta : PT Grasindo
Persada.
Ma’mur, Jamal Asmanii,2012,Tips Aplikasi
Manajemen Sekolah,Jogjakarta: DIVA
Press.
Majid, Abdul.2015.Pengembangan Kurikulum
Pendidikan Agama Islam.Wonosobo :
Media Kreasi.
Margono,2004, Metodelogi Penelitian
Pendidikan, Jakarta : PT Rineka Cipta.
Marhijanto, Bambang, , 1993,Kamus Lengkap
Bahasa Indonesia Masa Kini, Surabaya
: Terang.
Moleong, Lexy J.,1993,Metodologi Penelitian
Kualitatif, (Bandung: Remaja
Rosdakarya,
Mulayasa,E,2007, Standar Kompetensi dan
Sertifikasi Guru, Bandung : PT Remaja
Rosdkarya
Mulyasa E, 2003. Pedoman Manajemen
Berbasis Madrasah, Jakarta: Depag RI.
________, 2012, Manajemen Berbasis
Sekolah, Konsep, Strategi dan
Implementasi,Bandung: Remaja
R o s d a K a r y a .
Mushad An-Nadlah, 2014, Al-Qur’an dan
Terjemah, Jakarta Selatan: PT Hati Emas
Pidarta,Made,2005, Perencanaan Pendidikan
Partisipatori Dengan Pendekatan
Sistem, Jakarta : PT Rineka Cipta.
Priasa, Donni Juni & Rismi Somad, 2011,
Manajemen Supervisi dan kepemimpinan
Kepala Sekolah, Bandung : Alfabeta.
Rohiat, 2012, Manajemen Sekolah, Teori Dasar
dan Praktik, Bandung: Refika Aditama.
Sagala, Syaiful,2008, Budaya dan Reinventing
Organisasi Pendidikan, Bandung :
ALFABETA.
Sugiyono, 2009,Metode Penelitian Pendidikan
: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan
R&D, Bandung : Alfabeta.
Sukirman, Hartati dkk,2012, Administrasi dan
Supervisi Pendidikan, Yogjakarta: UNY
Press, 2012.
Sukmadinata , Nana Syaodih,2007, Metode
Penelitian Pendidikan Kelas, Bandung:
Rosdakarya.
___________,Bimbingan dan Konseling dalam
Praktek, Bandung: Maestro.
Syukur, Fatah , 2011, Manajemen Pendidikan
Berbasis Pada Madrasah, Semarang :
PT Pustaka Rizki Putra.
Tim FKIP UNS, ,2004, Manajemen Pendidikan
Pedoman Bagi Kepala Sekolah dan
Guru, Surakarta : Muhammadiyah
University Press.
Umiarso, Baharuddin, 2012, Kepemimpinan
Pendidikan Islam, Yogjakarta : Ar-Ruzz
Media.
Wahyudi, Imam,2012, Pengembangan
Pendidikan, Startegi, inovatif dan Kreatif
dalam Mengelola Pendidikan secara
komprehensip, Jakarta: Prestasi Pustaka.
Wiriaatmadja, Rochiyati,2014 ,Metode
Penelitian Tindakan Kelas untuk
meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen,
Bandung : PT Remaja Rosdyakarya,
2014
Yuliana,Lia&Suharsimi Arikunto, 2008,
Manajemen Pendidikan, Yogyakarta :
Adiitya Media Yogyakarta.
,……2012,Undang-undang RI dan
Permendiknas tentang guru dan dosen,
Bandung : Citra Umbara.
Published
2019-10-05
How to Cite
Amrina, Hawin, and Maryono Maryono. 2019. PARAMUROBI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 2 (1), 75-87. Accessed November 5, 2024. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/paramurobi.v2i1.818.

STATISTICS

Abstract viewed = 161 times
pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 129 times