IMPLEMENTATION OF MADRASAH BASED MANAGEMENT IN MTs AR RISALAH KEPIL
Madrasah Based Management, Educational Policy, educational innovation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) untuk mengetahui implementasi manajemen
berbasis madrasah, 2) dampak penerapan manajemen berbasis madrasah, 3) faktor pendukung
dan hambatan implementasi manajemen berbasis madrasah di MTs Ar Risalah Kepil Wonosobo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena penelitian kualitatif mencoba
menggambarkan suatu kenyataan dengan fakta yang sesuai. Subjek penelitian seperti kepala
sekolah, guru, komite sekolah, siswa dan para pemangku kepentingan. Teknik pengumpulan
data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Dan analisis data menggunakan
analisis interaktif miles dan huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan
manajemen berbasis madrasah meliputi manajemen kurikulum dan pengajaran, manajemen
tenaga pendidik dan pendidikan, manajemen keuangan dan penganggaran, dan manajemen
hubungan sosial. Dampak penerapan manajemen berbasis sekolah berpengaruh terhadap proses
kegiatan belajar mengajar, kebijakan kepala sekolah MTs Ar Risalah menjadi titik awal dalam
menentukan kemajuan suatu lembaga. Faktor dukungan dalam implementasi manajemen
berbasis Madrasah seperti peran kepala sekolah dalam membuat kebijakan yang terkait dengan
pembelajaran, staf pendidikan, infrastruktur, peran komite sekolah dan partisipasi masyarakat.
Kemudian faktor kelemahannya seperti di bawah ini adalah lemahnya keterampilan manajerial,
minimnya infrastruktur dan ketidakcocokan kompetensi pendidik.
Downloads
References
Metodelogi Penelitian, Jakarta : Bumi
Aksara.
Al Barry, M.Dahkan &Pius A Partono, 1994,
Kamus Ilmiah Populer, Yogyakarta :
Arkola.
Ali, Muhammad,2013, Penelitian Kependidikan
Prosedur & Strategi, Bandung : CV
Angkasa.
Arikunto, Suharsimi dkk, 2016, Penelitian
Tindakan Kelas, Jakarta : Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi, 2002, Prosedur Penelitian:
Suatu Pendekatan Praktek,Jakarta:
Rineka Cipta.
Bungin, Burhan,2007,Metodologi Penelitian
Kualitatif,Jakarta: Raja Grafindo
Persada.
Danim ,Sudarwan, 2008, Visi Baru Manajemen
Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara.
Danim, Sudarwan &Suparno, 2009, Manajemen
dan Kepeminpinan Transformasional
Kekepalasekolahan, Jakarta :Reneka
Cipta.
Gojali, Imam &Umiarso,2010,Manajemen
Mutu Sekolah, di era Otonomi
Pendidikan,Jokjakarta : IRCiSuD
Halimah, Siti,2010,Telaah Kurikulum, Medan:
Perdana Publishing.
Iskandar, 2010, Metodologi Penelitian
Pendidikan & Sosial- Kuantitafif dan
Kualitatif ,Jakarta: Gaung Persada Press
Jahari, Jaja & Amirulloh Syarbini, , 2013,
Manajemen Berbasis Madrasah Teori,
Strategi, dan Implementasi, Bandung :
ALFABETA.
Kunandar,, 2016, Langkah Mudah Penelitian
Tindakan Kelas, Jakarta : PT Grasindo
Persada.
Ma’mur, Jamal Asmanii,2012,Tips Aplikasi
Manajemen Sekolah,Jogjakarta: DIVA
Press.
Majid, Abdul.2015.Pengembangan Kurikulum
Pendidikan Agama Islam.Wonosobo :
Media Kreasi.
Margono,2004, Metodelogi Penelitian
Pendidikan, Jakarta : PT Rineka Cipta.
Marhijanto, Bambang, , 1993,Kamus Lengkap
Bahasa Indonesia Masa Kini, Surabaya
: Terang.
Moleong, Lexy J.,1993,Metodologi Penelitian
Kualitatif, (Bandung: Remaja
Rosdakarya,
Mulayasa,E,2007, Standar Kompetensi dan
Sertifikasi Guru, Bandung : PT Remaja
Rosdkarya
Mulyasa E, 2003. Pedoman Manajemen
Berbasis Madrasah, Jakarta: Depag RI.
________, 2012, Manajemen Berbasis
Sekolah, Konsep, Strategi dan
Implementasi,Bandung: Remaja
R o s d a K a r y a .
Mushad An-Nadlah, 2014, Al-Qur’an dan
Terjemah, Jakarta Selatan: PT Hati Emas
Pidarta,Made,2005, Perencanaan Pendidikan
Partisipatori Dengan Pendekatan
Sistem, Jakarta : PT Rineka Cipta.
Priasa, Donni Juni & Rismi Somad, 2011,
Manajemen Supervisi dan kepemimpinan
Kepala Sekolah, Bandung : Alfabeta.
Rohiat, 2012, Manajemen Sekolah, Teori Dasar
dan Praktik, Bandung: Refika Aditama.
Sagala, Syaiful,2008, Budaya dan Reinventing
Organisasi Pendidikan, Bandung :
ALFABETA.
Sugiyono, 2009,Metode Penelitian Pendidikan
: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan
R&D, Bandung : Alfabeta.
Sukirman, Hartati dkk,2012, Administrasi dan
Supervisi Pendidikan, Yogjakarta: UNY
Press, 2012.
Sukmadinata , Nana Syaodih,2007, Metode
Penelitian Pendidikan Kelas, Bandung:
Rosdakarya.
___________,Bimbingan dan Konseling dalam
Praktek, Bandung: Maestro.
Syukur, Fatah , 2011, Manajemen Pendidikan
Berbasis Pada Madrasah, Semarang :
PT Pustaka Rizki Putra.
Tim FKIP UNS, ,2004, Manajemen Pendidikan
Pedoman Bagi Kepala Sekolah dan
Guru, Surakarta : Muhammadiyah
University Press.
Umiarso, Baharuddin, 2012, Kepemimpinan
Pendidikan Islam, Yogjakarta : Ar-Ruzz
Media.
Wahyudi, Imam,2012, Pengembangan
Pendidikan, Startegi, inovatif dan Kreatif
dalam Mengelola Pendidikan secara
komprehensip, Jakarta: Prestasi Pustaka.
Wiriaatmadja, Rochiyati,2014 ,Metode
Penelitian Tindakan Kelas untuk
meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen,
Bandung : PT Remaja Rosdyakarya,
2014
Yuliana,Lia&Suharsimi Arikunto, 2008,
Manajemen Pendidikan, Yogyakarta :
Adiitya Media Yogyakarta.
,……2012,Undang-undang RI dan
Permendiknas tentang guru dan dosen,
Bandung : Citra Umbara.
Copyright Notice
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format), and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).