PENDIDIKAN PESANTREN DAN PERKEMBANGANNYA

Analisis Undang-Undang Pesantren tentang Klasifikasi dan Model Pendidikan Pesantren

Penulis

  • Soffan Rizqi Universitas Sains Al-Qur’an ##default.groups.name.author##
  • Rifqi Muntaqo Universitas Sains Al-Qur’an ##default.groups.name.author##
  • Rahmat Lutfi Guefera Universitas Sains Al-Qur’an ##default.groups.name.author##

DOI:

https://doi.org/10.32699/paramurobi.v4i1.1689

Kata Kunci:

Pesantren, Klasifikasi, Model Pendidikan, Undang-Undang Pesantren

Abstrak

Pesantren merupakan cikal bakal perkembangan sistem pendidikan di Indonesia. Bahkan memiliki kontribusi nyata bagi perkembangan pendidikan di Indonesia. Secara historis, ia memiliki pengalaman luar biasa dalam membina dan mengembangkan masyarakat. Ia mampu meningkatkan perannya secara mandiri dengan menggali potensi masyarakat di sekitarnya. Salah satu langkah strategis dalam mengembangkan tujuan pembangunan nasional di bidang pendidikan adalah melalui pembinaan dan pengembangan pondok pesantren. Tulisan ini juga menjelaskan tentang klasifikasi dan model pendidikan pondok pesantren. Oleh karena itu, pemerintah juga menyusun undang-undang pesantren dan pendidikan agama yang diharapkan dapat memaksimalkan potensinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hukum dan pendidikan agama pesantren bertujuan untuk membentuk individu yang memahami dan mengamalkan nilai-nilai ajaran agamanya atau menjadi ulama yang beriman, beriman, berakhlak mulia, mandiri, ta'awun, tawazun, dan tawasut. Hukum pondok pesantren memiliki keunggulan mampu membawa ke arah yang lebih jelas. Kekurangannya adalah terlalu banyak intervensi dalam rumah tangga pondok pesantren. Kehadiran UU Pondok Pesantren dapat memberikan dampak positif dan negatif bagi perkembangan pondok pesantren sebagai local genius di Indonesia.

Referensi

Ali, Abdullah, 2011, Pendidikan Islam Multikultural di Pesantren, Penerbit: Pustaka Pelajar, Yoyakarta
Anwar, Ali, 2011. Pembaruan Pendidikan di Pesantren Lirboyo Kediri, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Abawihda, Ridwan, 2005. Kurikulum Pendidikan Pesantren dan Tantangan Perubahan Global, Penerbit: Pustaka Pelajar, Yogyakarta
Baso, t.th. Pesantren Studies, Buku II: Kosmopolitanisme Peradaban Kaum Santri di Masa Kolonial, pesantren, Jaringan pengetahuan dan Karakter Kosmopolitan kebangsaannya, vol.1 Jakarta: Pustaka Afid
Billah, M, 1999. Pesantren dan Pemberdayaan Masyarakat Memasuki Millenium III, makalah disampaikan dalam seminar di hotel Sahid Jaya Jakarta 8-9 November
Bruinessen, Martin Van, 1994. NU tradisi relasi-relasi kuasa pencarian wacana baru, terj. LkiS, Penerbit: LkiS, Yogyakarta
----------------------, 2012. Kitab Kuning Pesantren Dan Tarekat, Yogyakarta: Gading Publishing
Budiningsih, Dessy Yanti Srie, 2018. Peran Pesantren Salafiyah Dalam Meminimalisir Ajaran Radikalisme (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Darussalam Watucongol Magelang). Dalam Jurnal Istiqro, Vol. 16, No. 01
Dhofier, Zamakhsyari, 2011. Tradisi Pesantren. Penerbit: LP3ES, Jakarta
Dirjosandjoto, Pradjarta, 1999. Memelihara Umat Kiai Pesantren-Kiai Langgar di Jawa, Penerbit: LkiS, Yogyakarta
Domar, Mujammil, tt. Pesantren:Dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi, Penerbit: Erlangga, Jakarta
Madjid, Nurcholish, 1985. Bilik-Bilik Pesantren, Penerbit: P3M, Jakarta
Maksudin, 2008. ”Pendididikan Nilai Sistem Boarding School di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Abubakar Yogyakarta”, Disertasi. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Masyhud, Sulthon, dkk, 2008. Manajemen Pondok Pesantren, Penerbit: Diva Pustaka, Jakarta
Moedjiono, Imam, 2002. Kepemimpinan dan Keorganisasian. Penerbit: UII Press, Yogyakarta
Muqtafa, M. Khoirul, 2002. Antara Tradisi dan tantangan Modernitas, dalam Jurnal Pesantren, Vol. 1 No. 1
Nazaruddun et al., 1986 . Seri Monografi Pondok Pesantren dan Angkatan Kerja, Proyek Pembinaan dan Bantuan Kepada Pondok Pesantren Jakarta. Penerbit: Depag RI, Jakarta
Noor, Mahpuddin, 2006. Potret Dunia Pesantren, Penerbit: Humaniora, Bandung
Tolib, Abdul 2015. Pendidikan di Pondok Pesantren Modern dalam Jurnal Risalah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, Vol. 1, No. 1
Wahid, Abdurrahman, 1995. “Pesantren Sebagai Subkultur”, dalam M. Dawam Rahardjo (ed), Pesantren dan Pembaharuan, Penerbit: LP3ES
--------------------------, tt. Bunga Rampai Pesantren, Penerbit: CV. Dharma Bhakti
Yappi Mu, 2008. Manajemen Pengembangan Pondok Pesantren, Penerbit: Media Nusantara, Jakarta
Zaeni, A. Wazid, 1995. Dunia Pemikiran Kaum Santri, Penerbit: LKPSM NU DIY, Yogyakarta
Zuhri, Syaifuddin, 1979, Sejarah Kebangkitan Islam dan Perkembangannya di Indonesia, Penerbit: Al-Ma’arif Bandung, Bandung

Unduhan

Diterbitkan

2021-06-10

Cara Mengutip

“PENDIDIKAN PESANTREN DAN PERKEMBANGANNYA: Analisis Undang-Undang Pesantren Tentang Klasifikasi Dan Model Pendidikan Pesantren”. 2021. PARAMUROBI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 4 (1): 16-30. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v4i1.1689.