THE STRATEGY OF ISLAMIC EDUCATION INSTITUTIONS IN IMPROVING THE QUALITY OF LEARNING IN THE DIGITAL ERA

  • sahri sahri universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • akhyak akhyak Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah
  • Nur Efendi Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah
  • As’aril Muhajir Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah
Kata Kunci: Mutu pendidikan, transformasi, Era digital

Abstrak

strategi mutu pendidikan merupakan sebuah upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di era digital. Dalam era digital, teknologi menjadi alat yang penting dalam proses pembelajaran, sehingga membutuhkan transformasi dalam cara mengajar dan belajar.  Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan. Artikel ini membahas tentang upaya transformasi mutu pendidikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di era digital. Beberapa hal yang dibahas meliputi pengembangan kurikulum digital yang relevan dengan kebutuhan dan tujuan, pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia, penggunaan teknologi untuk meningkatkan interaksi dan minat belajar siswa, serta evaluasi dan perbaikan secara berkala. Dalam era digital, transformasi mutu pendidikan harus memperhatikan aspek keamanan dan privasi data, serta kerjasama antara pihak-pihak terkait untuk memastikan implementasi kurikulum di era digital dapat berjalan dengan baik dan efektif

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Abdullah, Ramli. “Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran.” Lantanida Journal 4, no. 1 (2017): 35–49.
Afif, Nur. “Pengajaran Dan Pembelajaran Di Era Digital.” IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 01 (2019): 117–29.
Agustian, Niar, and Unik Hanifah Salsabila. “Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pembelajaran.” Islamika 3, no. 1 (2021): 123–33.
Alawi, Dindin, Agus Sumpena, Supiana Supiana, and Qiqi Yuliati Zaqiah. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Pasca Pandemi Covid-19.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 4 (2022): 5863–73.
Alif, Muhammad Sulthon, and Ahmad R Pratama. “Analisis Kesadaran Keamanan Di Kalangan Pengguna E-Wallet Di Indonesia.” Automata 2, no. 1 (2021): 1–7.
Darwanto, D, Anggi Monica Putri, and others. “Penguatan Literasi, Numerasi, Dan Adaptasi Teknologi Pada Pembelajaran Di Sekolah:(Sebuah Upaya Menghadapi Era Digital Dan Disrupsi).” Eksponen 11, no. 2 (2021): 25–35.
Gunawan, Yosi Intan Pandini, and Asep Amaludin. “Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran Dalam Jaringan Di Masa Pandemi Covid-19.” Madaniyah 11, no. 2 (2021): 133–50.
Huliyah, Muhiyatul. “Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini.” As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1, no. 01 (2016): 60–71.
Hutauruk, Ahmad Fakhri. “Digital Citizenship: Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Sejarah Di Era Global.” Historis: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Sejarah 2, no. 2 (2018): 1–6.
Karakas, Fahri, and Alperen Manisaligil. “Reorienting Self-Directed Learning for the Creative Digital Era.” European Journal of Training and Development 36, no. 7 (2012): 712–31. https://doi.org/10.1108/03090591211255557.
Khatibah, Khatibah. “Penelitian Kepustakaan.” Iqra’: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi 5, no. 01 (2011): 36–39.
Kooli, Chokri. “Governing and Managing Higher Education Institutions: The Quality Audit Contributions.” Evaluation and Program Planning 77 (2019): 101713.
Mumtahanah, Nurotun. “Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Metode Cooperative Learning Dalam Pembelajaran PAI.” Al Hikmah: Jurnal Studi Keislaman 3, no. 4 (2013).
Ngongo, Verdinandus Lelu, Taufiq Hidayat, and Wiyanto Wiyanto. “Pendidikan Di Era Digital.” In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 628–38, 2019.
Rahmansyah, Muhammad Fahmi. “Merdeka Belajar: Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran Di Sekolah/Madrasah.” Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 1 (2021).
Rini, Titis Angga, and Puri Selfi Cholifah. “Electronic Module with Project Based Learning: Innovation of Digital Learning Product on 4.0 Era.” Teknologi Pendidikan 5, no. 2 (2020): 155–61.
Sudibjo, Niko, Lusiana Idawati, and HG Retno Harsanti. “Characteristics of Learning in the Era of Industry 4.0 and Society 5.0.” International Conference on Education Technology 372, no. ICoET (2019): 276–79. http://staffnew.uny.ac.id/upload/130682770/penelitian/ba-32kur-masa-depansemnas-untirta16-2-.
Wahyudi, Nanang Gesang. “Desain Pesan Pembelajaran Di Era Digital.” Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3, no. 1 (2019): 104–35.
Wati, Junita Ulfa Munah, Qongidahtul Rikza, and Arum Dwi Rahmawati. “Pengelolaan Kelas Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pada Masa Pandemi Di Kelas Vii G Mts Negeri 4 Ngawi.” Indonesian Journal Of Education and Learning Mathematics 2, no. 1 (2021): 14–26.
Widodo, Puput, and Agus Najibuzzamzam. “Perbandingan Model Pembelajaran Daring Dan Tatap Muka Penjaskes Mts Darussa’adah Pada Masa Pandemi Tahun Ajaran 2019/2020.” JUMORA: Jurnal Moderasi Olahraga 1, no. 01 (2021): 1–9.
Wijaya, Toni, and Nurul Hidayati Murtafiah. “Implementasi Manajemen Pendidikan Islam Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Era Digital.” An Najah (Jurnal Pendidikan Islam Dan Sosial Keagamaan) 2, no. 2 (2023): 47–52.
Diterbitkan
2023-12-11
##submission.howToCite##
sahri, sahri, akhyak akhyak, Nur Efendi, dan As’aril Muhajir. 2023. PARAMUROBI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 6 (2), 1-13. Diakses 8 Oktober 2025. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/paramurobi.v6i2.4638.