THE STRATEGY OF ISLAMIC EDUCATION INSTITUTIONS IN IMPROVING THE QUALITY OF LEARNING IN THE DIGITAL ERA
Abstrak
strategi mutu pendidikan merupakan sebuah upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di era digital. Dalam era digital, teknologi menjadi alat yang penting dalam proses pembelajaran, sehingga membutuhkan transformasi dalam cara mengajar dan belajar. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan. Artikel ini membahas tentang upaya transformasi mutu pendidikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di era digital. Beberapa hal yang dibahas meliputi pengembangan kurikulum digital yang relevan dengan kebutuhan dan tujuan, pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia, penggunaan teknologi untuk meningkatkan interaksi dan minat belajar siswa, serta evaluasi dan perbaikan secara berkala. Dalam era digital, transformasi mutu pendidikan harus memperhatikan aspek keamanan dan privasi data, serta kerjasama antara pihak-pihak terkait untuk memastikan implementasi kurikulum di era digital dapat berjalan dengan baik dan efektif
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Afif, Nur. “Pengajaran Dan Pembelajaran Di Era Digital.” IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 01 (2019): 117–29.
Agustian, Niar, and Unik Hanifah Salsabila. “Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pembelajaran.” Islamika 3, no. 1 (2021): 123–33.
Alawi, Dindin, Agus Sumpena, Supiana Supiana, and Qiqi Yuliati Zaqiah. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Pasca Pandemi Covid-19.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 4 (2022): 5863–73.
Alif, Muhammad Sulthon, and Ahmad R Pratama. “Analisis Kesadaran Keamanan Di Kalangan Pengguna E-Wallet Di Indonesia.” Automata 2, no. 1 (2021): 1–7.
Darwanto, D, Anggi Monica Putri, and others. “Penguatan Literasi, Numerasi, Dan Adaptasi Teknologi Pada Pembelajaran Di Sekolah:(Sebuah Upaya Menghadapi Era Digital Dan Disrupsi).” Eksponen 11, no. 2 (2021): 25–35.
Gunawan, Yosi Intan Pandini, and Asep Amaludin. “Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran Dalam Jaringan Di Masa Pandemi Covid-19.” Madaniyah 11, no. 2 (2021): 133–50.
Huliyah, Muhiyatul. “Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini.” As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1, no. 01 (2016): 60–71.
Hutauruk, Ahmad Fakhri. “Digital Citizenship: Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Sejarah Di Era Global.” Historis: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Sejarah 2, no. 2 (2018): 1–6.
Karakas, Fahri, and Alperen Manisaligil. “Reorienting Self-Directed Learning for the Creative Digital Era.” European Journal of Training and Development 36, no. 7 (2012): 712–31. https://doi.org/10.1108/03090591211255557.
Khatibah, Khatibah. “Penelitian Kepustakaan.” Iqra’: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi 5, no. 01 (2011): 36–39.
Kooli, Chokri. “Governing and Managing Higher Education Institutions: The Quality Audit Contributions.” Evaluation and Program Planning 77 (2019): 101713.
Mumtahanah, Nurotun. “Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Metode Cooperative Learning Dalam Pembelajaran PAI.” Al Hikmah: Jurnal Studi Keislaman 3, no. 4 (2013).
Ngongo, Verdinandus Lelu, Taufiq Hidayat, and Wiyanto Wiyanto. “Pendidikan Di Era Digital.” In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 628–38, 2019.
Rahmansyah, Muhammad Fahmi. “Merdeka Belajar: Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran Di Sekolah/Madrasah.” Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 1 (2021).
Rini, Titis Angga, and Puri Selfi Cholifah. “Electronic Module with Project Based Learning: Innovation of Digital Learning Product on 4.0 Era.” Teknologi Pendidikan 5, no. 2 (2020): 155–61.
Sudibjo, Niko, Lusiana Idawati, and HG Retno Harsanti. “Characteristics of Learning in the Era of Industry 4.0 and Society 5.0.” International Conference on Education Technology 372, no. ICoET (2019): 276–79. http://staffnew.uny.ac.id/upload/130682770/penelitian/ba-32kur-masa-depansemnas-untirta16-2-.
Wahyudi, Nanang Gesang. “Desain Pesan Pembelajaran Di Era Digital.” Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3, no. 1 (2019): 104–35.
Wati, Junita Ulfa Munah, Qongidahtul Rikza, and Arum Dwi Rahmawati. “Pengelolaan Kelas Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pada Masa Pandemi Di Kelas Vii G Mts Negeri 4 Ngawi.” Indonesian Journal Of Education and Learning Mathematics 2, no. 1 (2021): 14–26.
Widodo, Puput, and Agus Najibuzzamzam. “Perbandingan Model Pembelajaran Daring Dan Tatap Muka Penjaskes Mts Darussa’adah Pada Masa Pandemi Tahun Ajaran 2019/2020.” JUMORA: Jurnal Moderasi Olahraga 1, no. 01 (2021): 1–9.
Wijaya, Toni, and Nurul Hidayati Murtafiah. “Implementasi Manajemen Pendidikan Islam Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Era Digital.” An Najah (Jurnal Pendidikan Islam Dan Sosial Keagamaan) 2, no. 2 (2023): 47–52.
Pemberitahuan Hak Cipta
1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi (menyalin dan mendistribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun), dan menyesuaikan (mencampur, mengubah, dan membangun di atas bahan) karya untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2. Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi dalam jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat Pengaruh Akses Terbuka).