Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Dengan Kepribadian Sebagai Variabel Intervening

Penulis

  • Susi Rana Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Mila Fursiana Salma Musfiroh Universitas Sains Al-Qur'an
  • Titik Hinawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Ainun Khabib Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo

DOI:

https://doi.org/10.32699/jamasy.v4i2.6979

Kata Kunci:

Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sosial, Kepribadian, Minat Berwirausaha

Abstrak

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan sosial terhadap kepribadian mahasiswa, menguji pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan sosial terhadap minat berwirausaha mahasiswa, dan menguji pengaruh kepribadian terhadap minat berwirausaha mahasiswa FEB Universitas Sains Al-Qur’an.

 

Metode – Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, pengambilan data dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada mahasiswa FEB Universitas Sains Al-Qur’an. Sampel yang digunakan sebanyak 95 responden dengan menggunakan metode Random Sampling. Alat analisis yang digunakan adalah partial least squares (PLS), yaitu model persamaan structural equation modeling (SEM) dengan pendekatan component based structural equation modeling (SEM-PLS).

 

Hasil - Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan keluarga dan lingkungan sosial berpengaruh positif terhadap kepribadian mahasiswa, lingkungan keluarga dan lingkungan sosial berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha mahasiswa, dan kepribadian berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha.

 

Implikasi - Penelitian ini menggunakan data mahasiswa FEB Universitas Sains Al-Qur’an.

Diterbitkan

2024-04-20

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Dengan Kepribadian Sebagai Variabel Intervening. (2024). Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Perbankan Syariah, 4(2), 37-50. https://doi.org/10.32699/jamasy.v4i2.6979

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>