PENGARUH DPK, NPF, FDR, CAR DAN BOPO TERHADAP PROFITABILITAS (ROA) PADA BANK BRI SYARIAH

  • Mila Fursiana Salma Musfiroh Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Mukhlishah Maratush Shalihah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Titik Hinawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
Keywords:
DPK, NPF, FDR, CAR, BOPO, ROA

Abstract

Tujuan - Penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Dana Pihak Ketiga (DPK), NonPerforming Financing (NPF), Financing to Deposit Ratio (FDR), Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Beban Operasional Pendapatan Operaisonal (BOPO) terhadap Profitabilitas (ROA) pada Bank BRI Syariah.

 Metode – Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder. Data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari Laporan Keuangan Triwulan PT Bank BRISyariah dari triwulan pertama 2015 hingga triwulan keempat 2019. Pengumplan data dengan metode dokumentasi dan selanjutnya dianalisis menggunakan uji asumsi klasik yang meliputi uji multikolonieritas, uji heteroskedastisitas, uji normalitas dan uji autokorelasi, analisis regresi linear berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi.

 Hasil - Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel DPK, NPF dan FDR tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap Profitabilitas. sedangkan variabel CAR dan BOPO memiliki pengaruh negatif yang signifikan terhadap Profitabilitas (ROA). Hasil penelitian uji F menunjukkan bahwa variabel DPK, NPF, FDR, CAR, dan BOPO secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Profitabilitas (ROA).

 Implikasi - Penelitian ini menggunakan data sekunder laporan triwulan PT Bank BRISyariah Tahun 2015-2019.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-21
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 401 times
PDF downloaded = 208 times

Most read articles by the same author(s)