Pengaruh Prosedur Pembiayaan, Teknik Penagihan, dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Anggota Pembiayaan

  • Mila Fursiana Salma Musfiroh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Ainun Khabib Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Rini Indriyati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah di Wonosobo
Keywords:
Prosedur Pembiayaan, Teknik Penagihan, Kepuasan, Loyalitas, Mudharabah, Musyarakah

Abstract

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh prosedur pembiayaan terhadap loyalitas anggota pembiayaan mudharabah dan musyarakah di BMT Syirkah Muawwanah NU Bojongsari Purbalingga. Menguji pengaruh teknik penagihan terhadap loyalitas anggota pembiayaan mudharabah dan musyarakah di BMT Syirkah Muawwanah NU Bojongsari Purbalingga. Dan menguji pengaruh kepuasan anggota terhadap loyalitas anggota pembiayaan mudharabah dan musyarakah di BMT Syirkah Muawwanah NU Bojongsari Purbalingga.

 Metode – Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan teknik simple random sampling, dan penentuan jumlahnya menggunakan rumus Slovin sehingga ditemukan 90 responden dari 901 populasi. Kemudian Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebar kepada responden tersebut, dilanjutkan dengan diuji kualitas data validitas dan reabilitasnya menggunakan Pearson Corelation dan Cronbach Alpha, dilanjutkan uji Asumsi Klasik, dan Uji Regresi Linier Berganda.

 Hasil - Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prosedur pembiayaan tidak berpengaruh terhadap loyalitas anggota, artinya bahwa prosedur pembiayaan yang dilakukan tidak berpengaruh terhadap loyalitas anggota pembiayaan mudharabah dan musyarakah, Adapun variabel teknik penagihan dan kepuasan berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas anggota pembiayaan mudharabah dan musyarakah,  artinya apabila teknik penagihan dilakukan dengan baik  dan kepuasan anggota ditingkatkan, maka akan meningkatkan loyalitas anggota menggunakan pembiayaan mudharabah, dan musyarakah.

 Implikasi - Penelitian ini menggunakan data anggota pembiayaan mudharabah dan musyarakah di BMT Syirh Muawwanah NU Bojasari Purbalingga.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-10-06
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 117 times
PDF downloaded = 107 times

Most read articles by the same author(s)