Pengaruh Pengetahuan, Kepercayaan, Keamanan, Dan Kemudahan Terhadap Minat Mahasiswa Dalam Penggunaan Mobile Banking Bank Syariah Indonesia

  • Rizky Agung Pambudi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Mila Fursiana Salma Musfiroh Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Titik Hinawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Ainun Khabib Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
Keywords:
Pengetahuan, Kepercayaan, Keamanan, Kemudahan.

Abstract

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan, kepercayaan, keamanan, dan kemudahan terhadap minat mahasiswa dalam penggunaan mobile banking Bank Syariah Indonesia.

Metode – Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan metode simple random sampling menggunakan rumus solvin. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada Mahasiswa FEBI IAIN Pontianak, dengan sampel sebanyak 97 responden. Kemudian data diolah menggunakan alat bantu SPSS versi 20. Dilanjutkan uji Validitas, Reliabilitas, dan analisis data menggunakan Uji ketetapan Model (Uji F), Uji Asumsi Klasik, Uji Regresi linier Berganda, Uji T, dan Uji Koefisien Determinasi.

Hasil - Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi mahahasiswa FEBI IAIN Pontianak menggunakan mobil banking adalah pengetahuaan dan keamanan, sedangkan kepercayaan dan kemudahan tidak berpengaruh dalam menggunakan mobile banking Bank Syariah Indonesia.

Implikasi – Penelitian ini menggunakan data mahasiswa FEBI IAIN Pontianak.

Orisinalitas – Penelitian ini melihat beberapa faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa FEBI IAIN Pontianak menggunakan mobile banking Bank Syariah Indonesia dalam rangka literasi dan inklusi mahasiswa menggunakan Bank Syariah Indonesia

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-04-29
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 427 times
PDF downloaded = 377 times

Most read articles by the same author(s)