Pengaruh Digitalisasi Perbankan melalui Self Service Technology (SST) terhadap Kepuasan Nasabah Tabungan iB Hijrah

  • Felita Restianti Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Mila Fursiana Salma Musfiroh Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Titik Hinawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Ainun Khabib Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
Keywords:
ATM, Mobile Banking, Internet Banking, dan Kepuasan Nasabah

Abstract

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh layanan digital banking melalui fasilitas SST seperti ATM, M-Banking, dan I-Banking terhadap kepuasan nasabah tabungan iB Hijrah studi kasus pada nasabah Bank Muamalat KCP Purbalingga.

Metode – Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, pengambilan data dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada nasabah tabungan iB Hijrah. Sampel yang digunakan sebanyak 99 responden dengan menggunakan metode Non Probability Sampling. Alat analisis yang digunakan adalah analisis linier berganda dengan menggunakan aplikasi IMB Statistik versi 25. Analisis ini meliputi uji validasi, realibilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji t, uji f, dan uji R2.

Hasil - Hasil penelitian menunjukan bahwa: ATM dan Mobile Banking berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah. Adapun Internet Banking tidak berpengaruh terhadap kepuasan nasabah.

Implikasi – Penelitian ini menggunakan data nasabah tabungan iB Hijrah Bank Muamalat KCP Purbalingga.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-08-25
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 366 times
PDF downloaded = 235 times

Most read articles by the same author(s)