Kontribusi Pembiayaan Murabahah Terhadap Perkembangan Usaha Mikro

  • Fatania Ramadlani Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Mila Fursiana Salma Musfiroh Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Titik Hinawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
Keywords:
Kontribusi, Pembiayaan Murabahah, Perkembangan Usaha Mikro

Abstract

Tujuan - Tujuan penelitian untuk mengetahui pelaksanaan pembiayaan murabahah di KSPPS Melati Wonosobo. Dan untuk mengetahui kontribusi pembiayaan murabahah terhadap perkembangan usaha mikro anggota di KSPPS Melati

Metode – Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif  kualitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan snowball sampling. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif dengan empat tahapan yaitu pengumpulan informasi, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil - Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembiayaan murabahah di KSPPS Melati Wonosobo telah berkontribusi terhadap perkembangan usaha mikro anggotanya. Hal ini dilihat dari indikator perkembangan usaha mikro anggota yang mengalami perkembangan setelah mendapatkan pembiayaan murabahah di KSPPS Melati, yaitu dari  modal usaha yang dimiliki anggota bertambah banyak setelah mendapatkan pembiayaan murabahah, laba usaha nasabah semakin meningkat, serta ada juga usaha anggota yang telah merambah ke usaha yang lain. Meningkatnya indikator tersebut memberikan arti bahwa usaha mikro anggota telah berkembang.

Implikasi- Penelitian ini menggunakan data anggota pembiayaan usaha mikro dengan akad murabahah di KSPPS Melati Wonosobo.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-04-25
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 188 times
PDF downloaded = 138 times

Most read articles by the same author(s)