Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Nasabah Dalam Menggunakan Mobile Banking Pada BRI Syariah KCP Weleri

  • Olyvia Delvi Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo
  • Mila Fursiana Salma Musfiroh Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo
Keywords:
Kualitas Layanan, Kepercayaan, Kepuasan Nasabah, Mobile Banking

Abstract

Kepuasan nasabah selalu jadi prioritas utama padaapenelitian ini karena tingkat persaingan dalam dunia perbankannyang semakin ketat, khususnya perbankan syariah. Perbankan syariah juga harus memperhatikan hal-hal yang dianggap penting oleh nasabah. Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan nasabah yaitu kualitas layanan dan kepercayaan. Salah satu layanan yang lebih banyak digunakan oleh nasabah BRI Syariah KCP Weleri adalah Mobile Banking. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh dari kualitas layanan dan kepercayaan terhadap kepuasan nasabah BRI Syariah KCP Weleri yang menggunakan mobile banking. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel penelitian ini adalah non probability sampling yaitu dengan teknik Accidental Sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada nasabah Bank BRI Syariah KCP Weleri. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Data yang didapatkan kemudianndiolahhmenggunakan alattbantu SPSS versi 23. Analisis inimmeliputi uji Validitas Reliabilitas. Alat yang digunakan untuk analisissmeliput iUjidAsumsi Klasik, UjiiRegresi linier Berganda, UjiiT, UjiiF, dan UjiiR2. Hasil penelitian menunjukkan jika: (1) Kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dalam menggunakan mobile banking padaaBRI SyariahhKCPpWeleri. Hal.ini dibuktikan dengan hasil uji t yang memperoleh nilai sig untuk variabellkualitas layanan sebesar 0,001 < 0,05 (sigg<α ==5%).  (2) Kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dalam menggunakan mobile banking pada BRIiSyariahhKCPpWeleri. Terbukti dengan hasil uji t yang memperolehnilai sig untuk variabel kepercayaan sebesarr0,000 < 0,05 (sigg< α = 5%). (3) Kualitas layanan dan kepercayaan secaraasimultanmberpengaruh signifikanmterhadappkepuasan nasabahhpadaaBRI SyariahhKCPpWeleri. Hal ini dibuktikanndengan hasil ujiiF yang memperolehnilai sig sebesar 0,000 < 0,05 (sig < α = 5%).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-29
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 301 times
PDF downloaded = 232 times

Most read articles by the same author(s)