Strategi Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di KSPPS Makmur Gemilang Sejahtera Magelang

  • Fitri Nurhidayah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur’an Wonosobo
  • Mila Fursiana Salma Musfiroh Universitas Sains Al-Qur'an
Keywords:
Strategi Pemberdayaan, UMKM, Analisis SWOT

Abstract

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal yang berupa kekuatan dan kelemahan, faktor eksternal yang berupa peluang dan ancaman dalam penyusunan strategi pemberdayaan UMKM, dan menganalisis SWOT strategi yang dilakukan oleh KSPPS Makmur Gemilang Sejahtera Magelang dalam pemberdayaan UMKM.

 

Metode – Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dan pengambilan sampel dengan teknik non probability sampling.  Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Selanjutnya digunakan analisis SWOT untuk mengidentifikasi faktor-faktor strategis ke dalam faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan faktor eksternal (peluang dan ancaman). Kemudian perumusan alternatif strategi menggunakan matrik dan diagram SWOT.

 

Hasil - Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa KSPPS Makmur Gemilang Sejahtera berada pada Kuadran I yang mendukung strategi agresif (Growth oriented strategy). Adapun strategi-strategi yang dihasilkan antara lain: a) Meningkatkan pencapaian target dengan memanfaatkan SDM yang ramah dan citra koperasi di masyarakat, b) Memperluas koneksi dengan lembaga sekolah Islam terpadu di wilayah sekitar, c) Memanfaatkan lokasi koperasi yang strategis dengan promosi media cetak seperti baliho yang menginformasikan kelebihan atau ciri khas koperasi, d) Mengembangkan skill SDM dalam meningkatkan pemasaran di kalangan usaha menengah dalam rangka meningkatkan penghimpunan dana, e) Meningkatkan peran Baitul Maal sebagai salah satu wadah publisitas, f) Edukasi kepada masyarakat mengenai koperasi simpan pinjam pembiayaan syariah, terutama pada kelebihan-kelebihannya, g) memaksimalkan pemanfaatan teknologi dan media sosial atau media cetak seperti brosur, banner atau kalender.

 

Implikasi - Penelitian ini menggunakan data karyawan dan UMKM yang menjadi anggota KSPPS Makmur Gemilang Sejahtera Magelang Jawa Tengah.

 

Orisinalitas - Artikel ini melihat beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan UMKM di KSPPS Makmur Gemilang Sejahtera Magelang Jawa Tengah dalam rangka menyusun alternatif strategi pemberdayaan UMKM.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-10-31
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 115 times
PDF downloaded = 70 times

Most read articles by the same author(s)