Pengaruh Pembelajaran Akuntansi Keuangan, Literasi Keuangan, Kontrol Diri, Gaya Hidup, dan Financial Technology Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa
(Studi kasus Pada Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur’an)
pembelajaran akuntansi keuangan, literasi keuangan, financial technology
Abstract
Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran akuntansi keuangan, literasi keuangan, kontrol diri, gaya hidup, dan financial technology terhadap perilaku keuangan mahasiswa akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al- Qur’an (FEB UNSIQ).
Metode – Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian lini adalah penelitian kuantitatif. Meneliti pada populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data
Hasil - Hasil penelitian lini menunjukkan bahwa pembelajaran akuntansi keuangan, literasi keuangan, kontrol diri, dan financial technology berpengaruh positif terhadap perilaku keuangan mahasiswa Akuntansi FEB Universitas Sains Al-Qur’an Angkatan 2020, Namun, gaya hidup tidak berpengaruh terhadap perilaku keuangan.
Implikasi - Penelitian ini mengambil data dari mahasiswa aktif Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Quran (FEB UNSIQ), khususnya mahasiswa Angkatan 2020 yang sudah menempuh mata kuliah akuntansi keprilakuan.
Orisinalitas - Orisinalitas dari penelitian ini terletak pada fokusnya yang spesifik pada pengaruh beberapa faktor, yaitu pembelajaran akuntansi keuangan, literasi keuangan, kontrol diri, gaya hidup, dan penggunaan financial technology terhadap perilaku keuangan mahasiswa di Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur’an.