Pengaruh Pembelajaran Akuntansi Keuangan, Literasi Keuangan, Kontrol Diri, Gaya Hidup, dan Financial Technology Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa

(Studi kasus Pada Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur’an)

  • Kharisa Mufariqoh Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur'an
  • Romandhon Man Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Fella Yunita Fitriyani Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah di Wonosobo
Keywords:
pembelajaran akuntansi keuangan, literasi keuangan, financial technology

Abstract

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran akuntansi keuangan, literasi keuangan, kontrol diri, gaya hidup, dan financial technology terhadap perilaku keuangan mahasiswa akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al- Qur’an (FEB UNSIQ).

Metode – Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian lini adalah penelitian kuantitatif. Meneliti pada populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data

 Hasil - Hasil penelitian lini menunjukkan bahwa pembelajaran akuntansi keuangan, literasi keuangan, kontrol diri, dan financial technology berpengaruh positif terhadap perilaku  keuangan mahasiswa Akuntansi FEB Universitas Sains Al-Qur’an Angkatan 2020, Namun, gaya hidup tidak berpengaruh terhadap perilaku keuangan.

Implikasi - Penelitian ini mengambil data dari mahasiswa aktif Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Quran (FEB UNSIQ), khususnya mahasiswa Angkatan 2020 yang sudah menempuh mata kuliah akuntansi keprilakuan.

Orisinalitas - Orisinalitas dari penelitian ini terletak pada fokusnya yang spesifik pada pengaruh beberapa faktor, yaitu pembelajaran akuntansi keuangan, literasi keuangan, kontrol diri, gaya hidup, dan penggunaan financial technology terhadap perilaku keuangan mahasiswa di Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur’an.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-10-27
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times