Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Berkarir Menjadi Akuntan Publik

(Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo)

  • Rizka Fatmatul Aulia Universitas Sains Al Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Nanang Agus Suyono Universitas Sains Al Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Fella Yunita Fitriyani Universitas Sains Al Qur'an
Keywords:
minat mahasiswa akuntansi untuk berkarir menjadi akuntan publik, pelatihan profesional, kecerdasan adversity, motivasi karir, parental influence, dan persyaratan akuntan publik

Abstract

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis  pengaruh pelatihan profesional, kecerdasan adversity, motivasi karir, parental influence dan persyaratan akuntan publik terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk berkarir menjadi akuntan publik.

Metode – Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 82 responden menggunakan metode purposive sampling. Data diperoleh dari kuesioner yang dibagikan melalui media sosial berupa link google form dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS Statistics v.26.

Hasil - Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kecerdasan adversity, parental influence, dan persyaratan akuntan publik berpengaruh positif terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk berkarir menjadi akuntan publik, sedangkan pelatihan profesional dan motivasi karir tidak berpengaruh terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk berkarir menjadi akuntan publik.

Implikasi - Penelitian ini menggunakan data mahasiswa yang masih aktif di Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Sains Al-Qur’an.

Orisinalitas - Makalah ini melihat hubungan beberapa faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa akuntansi untuk berkarir menjadi akuntan publik

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-04-29
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times