Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (Ppak) Dengan Biaya Pendidikan Sebagai Variabel Moderasi

(Studi Kasus Prodi Akuntansi Angkatan 2019 Di Universitas Sains Al Qur’an, Wonosobo)

  • Wahidatul Mukaromah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Kurniawati Mutma’inah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Fella Yunita Fitriyani Universitas Sains Al Qur'an
Keywords:
Motivasi, Minat, Program Profesi Akuntansi, Biaya Pendidikan

Abstract

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris pengaruh motivasi terhadap minat mahasiswa untuk mengikuti pendidikan profesi akuntansi (PPAK) dengan biaya pendidikan sebagai variabel moderasi.

 

Metode – Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yaitu metode penelitian dengan menggunakan data primer yang didapat dari hasil respons rate kuesioner yang disebar kepada responden. Analisis data dengan menggunakan analisis regresi berganda dan moderating regretion analysis (MRA).

 

Hasil - Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi karir tidak mempengaruhi minat mahasiswa untuk mengikuti PPAK, motivasi kualitas dan motivasi ekonomi berpengaruh positif terhadap minat mahasiswa untuk mengikuti PPAK, serta biaya pendidikan tidak mampu memoderasi antara motivasi karir, motivasi kualitas dan motivasi ekonomi terhadap minat mahaiswa untuk mengikuti pendidikan profesi akuntansi (PPAK).

 

Implikasi – Penelitian ini memberikan gambaran bagi mahasiswa yang ingin mengikuti Program Profesi Akuntansi.

 

Orisinalitas – Variabel penelitian yang berbeda dengan penelitian sebelumnya, memperkuat arah dari tujuan penelitian yang dilakukan, analisis dengan moderasi memberikan gambaran yang cukup dalam bahwa ada gap penelitian yang harus diteliti lebih mendalam.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-04-29
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 196 times
PDF downloaded = 114 times