Pengaruh Green Accounting, Kinerja Lingkungan, Biaya Lingkungan, Pengungkapan CSR, dan Kepemilikan Manajerial terhadap Profitabilitas

(Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Property and Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2019 Sampai Tahun 2022)

  • Sarah Auliyah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Romandhon man Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Fella Yunita Fitriyani Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
Keywords:
Green accounting, kinerja lingkungan, biaya lingkungan, pengungkapan CSR, profitabilitas, kepemilikan manajerial

Abstract

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh green accounting, kinerja lingkungan, biaya lingkungan, pengungkapan CSR, dan kepemilikan saham terhadap profitabilitas pada perusahaan sektor property and real estate yang terdaftar di BEI Periode 2019 sampai 2022 .

Metode – Penelitian ini menggunakan metode penelitian kausal komparatif dimana salah satu metode penelitian kuantitatif desktriptif dilakukan dengan melihat hubungan sebab akibat antara satu perubahan dengan perubahan lainnya berdasarkan data yang ada.

Hasil - Hasil penelitian ini membuktikan bahwa green accounting tidak berpengaruh terhadap profitabilitas, kinerja lingkungan berpengaruh terhadap profitabilitas, biaya lingkungan tidak berpengaruh terhadap profitabilitas, pengungkapan CSR tidak berpengaruh terhadap profitabilitas, dan kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap profitabilitas.

Implikasi - Penelitian ini menggunakan data dari laporan keuangan perusahaan sektor property and real estate yang terdaftar di BEI.

Orisinalitas - Makalah ini melihat hubungan beberapa faktor yang memengaruhi profitablitas pada perusahaan sektor property and real estate. Jumlah perusahaan yang ada membuktikan pengaruh faktor-faktor tersebut terhadap protabilitas perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-08-18
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times