Pengaruh Love Of Money, Ethical Sensitivity, Dan Moral Reasoning Terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderasi
(Studi Kasus pada Mahasiswa Prodi Akuntansi Angkatan 2021 dan 2022 Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo)
DOI:
https://doi.org/10.32699/jamasy.v5i5.10415Kata Kunci:
persepsi etis, love of money, ethical sensitivity, moral reasoning, religiusitas.Abstrak
Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi etis mahasiswa akuntansi sepeerti love of money, ethical sensitivity dan moral reasoning
Metode –Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah diteteapkan dan untuk mengetahui pengaruh dari variabel bebas (independent) pada varaubel terkait (dependent).
Hasil - Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan persepsi etis mahasiswa akuntansi berpengaruh signifikan untuk menilai dari persepsi etis mahasiswa akuntansi, dengan di moderasi oleh religiusitas sebagai variabel yang memperkuat hubungan faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi etis mahasiswa akuntansi.
Implikasi - Penelitian ini menggunakan responden mahasiswa Akuntansi fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Sains Al Qur’an Wonosobo.
Orisinalitas - Makalah ini melihat hubungan beberapa faktor yang mempengaruhi persepsi etis mahasiswa akuntansi dengan memasukkan variabel moderasi religiusitas untuk menilai kesenjangan dari hasil-hasil penelitian dengan topik yang sama