Pengaruh Tingkat Pemahaman Akuntansi Dengan Kepercayaan Diri Sebagai Variabel Moderasi

  • Nanang Agus Suyono Universitas Sains Al Qur'an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo
Keywords:
Tingkat Pemahaman Akuntansi, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Adversitas, Perilaku Belajar, Kepercayaan Diri

Abstract

Pemahaman akuntansi adalah suatu kemampuan mahasiswa untuk mengenal dan mengerti tentang akuntansi. Dalam penelitian ini tingkat pemahaman akuntansi diukur menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA). MRA merupakan aplikasi khusus regresi berganda linear dimana dalam persamaan regresinya mengandung unsur interaksi (perkalian dua atau lebih variabel independen). Beberapa faktor yang diperkirakan mempengaruhi tingkat pemahaman akuntansi dalam penelitian ini meliputi: kecerdasan emosional, kecerdasan adversitas dan perilaku belajar.

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan adversitas dan perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi dengan kepercayaan diri sebagai variabel moderasi pada mahasiswa Prodi Akuntansi FEB UNSIQ.

Metode – Penelitian ini menggunakan metode penelitian kausal komparatif dimana salah satu metode penelitian kuantitatif ex post facto dilakukan dengan melihat hubungan sebab akibat antara satu perubahan dengan perubahan lainnya berdasarkan data yang ada.

Hasil - Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa kecerdasan emosional tidak berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi sedangkan kecerdasan adversitas berpengaruh positif terhadap tingkat pemahaman akuntansi dan perilaku belajar berpengaruh positif terhadap tingkat pemahaman akuntansi, kepercayaan diri tidak memoderasi pengaruh kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi, kepercayaan diri tidak memoderasi pengaruh kecerdasan adversitas terhadap tingkat pemahaman akuntansi dan kepercayaan diri memoderasi pengaruh perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi.

Implikasi - Penelitian ini menggunakan data mahasiswa prodi akuntansi angkatan 2017 dan 2018.

Orisinalitas - Makalah ini melihat hubungan beberapa faktor yang memengaruhi tingkat pemahan akuntansi dengan kepercayaan diri sebagai variabel moderating. Mahasiswa prodi akuntansi FEB UNSIQ masih kurang memahami dan kurang mengerti tentang pemahaman akuntansi

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-06-27
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 205 times
PDF downloaded = 187 times