Faktor-faktor yang memengaruhi Serapan Anggaran Pemerintah Daerah Kabupaten Wonosobo

  • Nanang Agus Suyono Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Yunita Yunita Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
Keywords:
regulasi keuangan daerah, politik anggaran, proses pengadaan barang dan jasa, komitmen organisasi, ketidakpastian lingkungan, SILPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh  regulasi keuangan daerah,  politik anggaran, proses pengadaan barang dan jasa, komitmen organisasi, ketidakpastian lingkungan dan SILPA terhadap serapan anggaran SKPD di Kabupaten Wonosobo.

Sampel penelitian ini berjumlah 80 pegawai  yang tersebar dalam 40 SKPD Kabupaten Wonosobo tahun 2022. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi berganda yang datanya diolah menggunakan aplikasi SPSS versi 25.

Hasil penelitian ini membuktikan bahwa regulasi keuangan daerah berpengaruh positif terhadap serapan anggaran, politik anggaran tidak berpengaruh terhadap serapan anggaran, proses pengadaan barang dan jasa tidak berpengaruh terhadap serapan anggaran, komitmen organisasi tidak berpengaruh terhadap serapan anggaran, ketidakpastian lingkungan tidak berpengaruh terhadap serapan anggaran dan SILPA tidak berpengaruh terhadap serapan anggaran.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-08-31
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 113 times
PDF downloaded = 109 times