Analisis Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Umur Perusahaan, Dan Kepemilikan Saham Publik Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR)

(Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018 sampai 2021)

  • Nanang Agus Suyono Universitas Sains Al Qur'an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo
Keywords:
Profitabilitas,Leverage,Umur Perusahaan,Kepemilikan Saham Publik,Pengungkapan CSR

Abstract

Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh profitabilitas terhadap pengungkapan CSR; (2) pengaruh leverage terhadap pengungkapan CSR; (3) pengaruh umur perusahaan terhadap pengungkapan CSR; (4) pengaruh kepemilikan saham publik terhadap pengungkapan CSR. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat membeerikan manfaat bagi perusahaan yang diteliti serta investor maupun calon investor, khususnya mengenai profitabilitas, leverage, umur perusahaan, dan kepemilikan saham publik yang dapat mempengaruhi pengungkapan CSR.

Metode – Penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linear berganda menggunakan program SPSS dengan uji statistik deskriptif, uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji F, uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi (R2). Populasi dalam penelitian ini adalah laporan tahunan perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI tahun 2018 sampai 2021. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling sehingga responden dalam penelitian ini berjumlah 9 responden dengan periode pengamatan selama 4 tahun.

Hasil - Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) profitabilitas berpengaruh positif terhadap pengungkapan CSR; (2) leverage tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR; (3) umur perusahaan berpengaruh positif terhadap pengungkapan CSR; (4) kepemilikan saham publik berpengaruh positif terhadap pengungkapan CSR.

Implikasi - Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari website www.idx.co.id dan website resmi perusahaan.

Orisinalitas – Skripsi ini melihat hubungan beberapa faktor yang mempengaruhi pengungkapan CSR pada perusahaan tambang yang terdaftar di BEI tahun 2018 sampai 2021.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-06-28
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 364 times
PDF downloaded = 334 times