Pengaruh Inklusi Keuangan, Literasi Keuangan, Kemampuan Manajerial, Pengetahuan Akuntansi dan Kompetensi SDM Terhadap Kinerja UMKM

  • Nanang Agus Suyono Universitas Sains Al Qur'an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo
Keywords:
Inklusi keuangan,Literasi keuangan,Kemampuan Manajerial,Pengetahuan Akuntansi,Kompetensi SDM,Kinerja UMKM

Abstract

Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh inklusi keuangan terhadap kinerja UMKM; (2) Pengaruh literasi keuangan terhadap kinerja UMKM; (3) Pengaruh kemampuan manajerial terhadap kinerja UMKM; (4) Pengaruh pengetahuan akuntansi terhadap kinerja UMKM; (4) Pengaruh kompetensi SDM terhadap kinerja UMKM. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan bagi UMKM yang diteliti, dapat menjadi masukan dan bahan pertimbangan bagi UMKM tersebut, terutama dalam bidang inklusi keuangan, literasi keuangan, kemampuan manajerial, pengetahuan akuntansi, dan kompetensi SDM dalam bidang industri kreatif dalam rangka peningkatan kinerja UMKM.

 

Metode – Penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier berganda menggunakan program SPSS dengan uji statistik deskriptif, uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji F, uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi (R2). Populasi dalam penelitian ini adalah UMKM di Kabupaten Banjarnegara dengan jumlah 28.187, teknik pengambilan sampel menggunakan metode Random Sampling dan rumus Taro Yamane, dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 sampel responden.

 

Hasil – Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Inklusi keuangan berpengaruh positif terhadap kinerja UMKM; (2) Literasi keuangan berpengaruh positif terhadap kinerja UMKM; (3) Kemampuan manajerial berpengaruh positif terhadap kinerja UMK; (4) Pengetahuan akuntansi berpengaruh positif terhadap kinerja UMKM; (5) Kompetensi SDM berpengaruh positif terhadap kinerja UMKM.

 

Implikasi – Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari jawaban responden melalui kuesioner yang disebarkan kepada responden.

 

Orisinalitas – Skripsi ini melihat hubungan beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja UMKM dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja UMKM di Kabupaten Banjarnegara.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-12-21
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 426 times
PDF downloaded = 481 times